Iklan VIP

Kamis, 11 Mei 2023, 12:21 WIB
Last Updated 2023-05-11T05:22:51Z

Sukses! Penggabungan Job Fair, Edu Fair, dan Enterpreneur Fair SMK PGRI 05 Jember Sedot Ribuan Pelamar


Jember, Pedulirakyatnews.com - Sebuah gelaran job fair yang diselenggarakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Jember mempunyai unsur yang unik. Bagaimana tidak, ide menggabungkan lowongan pekerjaan dengan edu fair dan enterpreneur fair sangat dirasa cocok di masa sekarang ini.

Hal ini terbukti dengan adanya ribuan calon pelamar yang hadir di acara JEE 2023 di Smk Pgri 05 Jember, Kamis (11/05/2023).

Pihak sekolah sengaja memberikan pilihan bagi lulusan Smk Pgri 05 Jember maupun dari luar sekolah untuk memilih apakah akan melamar pekerjaan, melanjutkan ke perguruan tinggi maupun akan berwirausaha. Sehingga tidak ada satupun pelamar yang kecewa tidak mendapatkan pekerjaan.

Salah satunya dirasakan oleh Tantri Julia Zahro, pelamar asal desa Paseban Kecamatan Kencong yang memilih akan melamar ke perusahaan retail yang cocok dengan bidangnya.

"Saya lulusan tahun 2022 mas, jurusan perkantoran kebetulan saya akan melamar di dua perusahaan retail yang ada di kabupaten Jember. Insyaallah saya diterima mas, karena impian saya bekerja dahulu nanti setelah tabungan saya cukup saya kemungkinan melanjutkan ke perguruan tinggi mas," ungkap Tantri pelamar JEE Smk Pgri 05 Jember 2023.

Sementara itu kepala Sekolah SMK Pgri 05 Jember, Saiful Anwar mengatakan bahwa pihak sekolah selalu memberikan inovasi terbaru terkait kegiatan job fair yang dilakukan setiap tahunnya.

"Tahun ini pasti berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini kami sengaja menggabungkan tiga jenis lowongan, mulai dari pekerjaan, jenjang pendidikan hingga wirausahawan. Kami berharap agar seluruh pelamar bisa diakomodir oleh puluhan perusahaan yang sudah bekerjasama dengan kami," kata Saiful Anwar Kepala Sekolah SMK Pgri 05 Jember.

Sementara itu Irwan Dani Support penempatan tenaga kerja dan buruh migran dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jember mengatakan sangat terkejut terhadap apa yang dilakukan oleh SMK Pgri 05 Jember. Dirinya mengapresiasi Job Fair yang berbeda tahun ini.

"Sangat bagus ya apa yang dilakukan oleh pihak sekolah (SMK Pgri 05 Jember) yang memberi wadah kepada lulusan anak didiknya maupun luar sekolah untuk mencari pengalaman dibidang masing masing. Tentu tugas Dinas Tenaga Kerja semakin mudah untuk memetakan lowongan pekerjaan sesuai dengan skill anak anak lulusan SMK/ SMA maupun MA," kata Irwan Dani perwakilan Dinas Tenaga Kerja yang hadir dalam kegiatan tersebut. (Gusti)