Iklan VIP

Minggu, 25 Februari 2024, 19:27 WIB
Last Updated 2024-02-25T12:27:29Z

KPU Jember Temukan Perbedaan Data PPK Sumberbaru dan C1 Plano DPR RI Golkar


Pedulirakyatnews.com, Kabupaten Jember - Komisioner KPU Jember, kembali menemukan adanya dugaan kecurangan yang terjadi di beberapa TPS Di Desa Jamintoro Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, Minggu Sore (25/02/2024).

Dua Komisioner KPU Jember, Achmad Susanto dan Ahmad Hanafi yang turun langsung meninjau rekapitulasi tersebut.

Dugaan adanya kecurangan ini karena rekapitulasi beberapa desa sudah selesai, namun finalisasi digital belum sama sekali dikirim ke KPU Jember. 

Kecurigaan KPU ternyata benar, setelah KPU membuka Kembali C1 Plano dan dicocokan di rekapan kecamatan ada selisih suara Mohammad Nur Purnamasidi Caleg DPR RI dari partai Golkar.

"Kami awalnya curiga dengan finalisasi digital yang lamban dikirim ke kami. Akhirnya kami turun ke Tkp untuk memastikan tidak ada apa apa ataupun dugaan kami salah. Namun yang terjadi justru sebaliknya, kami menemukan adanya beberapa manipulasi data yang tidak sesuai," kata Achmad Susanto saat dikonfirmasi di Balai Desa Yosorati, tempat dilakukan rekapitulasi suara kecamatan Sumberbaru.

Susanto menambahkan bahwa ada beberapa suara Caleg (Calon Legislatif) DPR RI di beberapa TPS yang tidak sama dengan C1 Plano.

"Setelah kami suruh PPK untuk melihat kembali C1 Plano di Desa Jamintoro, kami melihat ada perbedaan data antara laporan digital milik PPK dengan C1 Plano Partai Golkar milik Mohammad Nur Purnamasidi DPR RI, yang diduga berkurang. Tentunya nanti kami akan hitung ulang di rekapitulasi kabupaten setelah rekapitulasi Kecamatan selesai," imbuhnya. ( Gusti)