Iklan VIP

Senin, 27 Februari 2023, 09:16 WIB
Last Updated 2023-02-27T02:19:25Z

Selubin Raksasa Ambruk, Jalan Provinsi Jember-Lumajang Macet Total

Caption: Pohon Selubin Ukuran raksasa saat tumbang tutup jalan Raya provinsi depan SMA 1 Kencong Jember .(Ulum/sjp)


Peduli Rakyat News,- Jember. 
Pohon jenis Selubin ukuran raksasa di jalan raya provinsi lebih tepatnya depan SMAN negeri 01 Desa Wonorejo kecamatan kencong Jember tiba tiba ambruk di tengah jalan.

Pohon yang sudah berumur puluhan tahun tersebut menurut saksi mata warga sekitar tiba tiba ambruk di ruas jalan raya. 

Akibat kejadian tersebut, kemacetan terjadi hingga puluhan kilo meter dari 2 arah, yaitu arah Jember ke Lumajang dan sebaliknya.

Pihak perangkat desa Wonorejo yang mengetahui hal tersebut langsung melakukan berbagai upaya, salah satunya yaitu memakai alat gergaji mesin ukuran kecil untuk memangkas ranting, namun karena keterbatasan alat, pihak desa berupaya memanggil beberapa pemotong kayu agar jalan provinsi segera bisa dilewati.

"Utara jalan mas yang ambruk, dan mengarah ke sisi selatan dan menutup jalan raya," jelasnya.

Ditanya jenis pohon apa, saksi mata dan juga pegawai kantor desa Wonorejo tersebut menjelaskan.

"pohon jenis Selubin ukuran raksasa, tinggi kurang lebih ada kalau 20 meter ini, dan lebar hampir 3 meter ini," kata Fiki, sekretaris desa Wonorejo saat dilokasi ambruknya pohon selubin tersebut, Senin,(27/2/2023) dini hari.

Lebih lanjut ditanya, apakah terjadi kemacetan dan apa upaya warga sekitar dan pihak desa, ia menjawab.

"Macet ini, 2 arah dan untuk sementara mobil kecil kita alihkan lewat dalam, sedang mobil besar tidak bisa.ini sementara pakai alat gergaji kecil sambil menunggu alat lain datang," jelasnya.

Dari pantauan dilokasi kejadian, memang pohon selubin di ruas jalan raya provinsi tersebut kondisinya masih utuh dan produktif, mungkin karena cuaca buruk dan Kecamatan kencong sendiri di guyur hujan mulai malam hingga pagi kemarin dan hujan lagi itu diduga sebagai penyebab ambruknya pohon raksasa tersebut.(M rochul ulum)