Iklan VIP

Rabu, 29 Januari 2020, 18:04 WIB
Last Updated 2020-01-29T11:04:07Z
Probolinggo

WALI KOTA HARAPKAN PERAN MEDIA DALAM PENCITRAAN KOTA

Peduli Rakyat News | Probolinggo,- Usai membuka rangkaian kegiatan Refleksi Satu Tahun Kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo Masa Bhakti 2019-2024, Wali Kota Hadi Zainal Abidin menggelar press release, dihadiri sejumlah awak media yang bertugas di wilayah Kota Probolinggo, di Museum Probolinggo, Rabu (29/1).

Habib Hadi, sapaan akrabnya, kembali memaparkan sejumlah program dan kebijakan yang berhasil terealisasi selama satu tahun. Terkait program Universal Health Center (UHC), ia menyebutkan hingga saat ini memang program tersebut belum meng-cover seluruh warga dikarenakan masalah kelengkapan administrasi.

“Ada 1.160 jiwa yang belum masuk dalam program ini karena mereka masih belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Presentasenya sekitar 0,49%. Kita akan upayakan lagi,” ujar Habib Hadi.

Selain itu, 18 unit ambulance juga telah siap diserahkan ke kelurahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Ia pun berharap agar di tahun ini, 11 unit ambulance lainnya dapat disetujui oleh DPRD setempat mengingat pentingnya sarana ini untuk masyarakat.

Program utama lainnya yang menjadi prioritas adalah pembangunan rumah sakit baru yang rencananya bakal dimulai akhir Maret atau awal April nanti. Habib Hadi menyebutkan, Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Probolinggo telah rampung dan ini akan memuluskan iklim investasi di Kota Probolinggo.

“Pekerjaan rumah yang selama 3 tahun ini dikerjakan telah rampung. RTRW kota sudah selesai Desember tahun lalu. Dengan begitu, iklim investasi di Kota Probolinggo sudah pasti,” terangnya.

Namun, ia berpesan kepada tiap investor yang bakal menanamkan modalnya di Kota Probolinggo untuk memprioritaskan masyarakat Kota Probolinggo terkait perekrutan tenaga kerja.

“Salah satu persyaratan pengajuan perizinan untuk para investor adalah mereka harus memprioritaskan perekrutan tenaga kerja dari Kota Probolinggo, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Itu lah kenapa Dinas Tenaga Kerja dilebur dengan DPMPTSP,” tegas Habib Hadi.

Sektor pariwisata juga menjadi program yang diusung pasangan Handal Brilian. Sasarannya jelas, agar Kota Probolinggo tidak hanya menjadi kota transit tetapi menjadi kota tujuan wisata. Saat ini, Pantai Permata Pilang menjadi salah satu destinasi yang tengah dikembangkan.

“Oleh karena itu, saya berharap peran media dapat ditingkatkan dalam hal publikasi tentang Kota Probolinggo. Jangan yang jelek saja yang diberitakan,” harap Habib Hadi kepada sejumlah awak media yang hadir.(Saiful Mustofa)