Breaking

Kamis, 31 Oktober 2019

Jumpa Lansia Gembira Se-Provinsi Bali Digelar Di Jembrana


Peduli Rakyat News | Jembrana - "Menuju Lanjut Usia Yang berguna Bahagia Dan Sejahtera" tema ini di ambil dari acara Lansia Gembira 2019, di GOR Kresna Jvara Lingkungan Sawe, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten Jembrana Bali, Kamis (31/10).

Selain Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, tampak hadir Bunda Lansia Prov.Bali,Ketua Umum YWS Prov. Bali Prof. LK Suryani, Ketua Senam Tera Indonesia Prov. Bali Sudiro, Kadis Sosial Kabupaten Jembrana DR. Made Dwipayana, Serta beberapa pejabat lainnya dan Ratusan Perwakilan para Lansia Se-provinsi Bali.

dr. Dangan selaku ketua panitia menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati yang bisa meluangkan waktunya bisa hadir dalam acara Lansia Gembira.

"Kegiatan ini kita laksanakan setiap tahunnya, dimana sebelumnya/tahun lalu kita sering laksanakan di Mendopo Kesari namun sekarang ini kita laksanakan di GOR Kresna Jvara untuk mencari suasana yang baru sehingga pikiran kita juga lebih jernih dengan suasana yang baru ini" ucapnya.

Mengapresiasi Pemerintah Daerah Kab.Jembrana yang selalu mendukung dan memfasilitasi serta memberikan bantuan kepada kegiatan dari organisasi lansia.

Di kesempatan kali ini, Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan mengatakan, semoga seluruh warga lanjut usia yang ada di Kabupaten Jembrana dapat menikmati hari tuanya penuh kebahagiaan dan senantiasa dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan yang ada di Kabupaten J embrana yang kita cintai.

Bangsa Indonesia selalu menekankan dan mengutamakan pada ikatan kekeluargaan berlandaskan pada nilai-nilai luhur keagamaan dan budaya yang menghargai peran serta dan kedudukan lanjut usia dalam keluarga maupun masyarakat, sebab lanjut usia telah melalui petjalanan hidup yang panjang serta memiliki pengetahuan, pengalaman dan kearifan yang luas yang semua itu dapat dimanfaatkan dalam setiap pelaksanaan pembangunan.

"Tujuan pembangunan di Kabupaten Jembrana dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat telah menunjukkan hasil yang signifikan dan sekarang dilanjutkan dengan berbagai upaya perbaikan sehingga pada akhirnya kesejahteraan masyarakat akan lebih dapat ditingkatkan termasuk didalamnya kesejahteraan para lanjut usia" pungkasnya.

Hal ini selaras dengan amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia dan dijabarkan lebih lanjut melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2004 tentang Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Lanjut Usia, bahwa upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia bertujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif, terwujudnya kemandirian dan kesejahteraannya serta terpeliharanya nilai sosial budaya, salah satunya adalah memberikan perlindungan terhadap lanjut usia untuk mendapatkan hak-haknya.

"Menjadikan lanjut usia sejahtera lahir dan bathin bukan semata-mata tugas dan tanggung jawab instansi pemerintah saja, melainkan merupakan tanggung jawab institusi masyarakat termasuk organisasi sosial, organisasi profesi dan juga dunia usaha serta kita semua" tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua YWS Provinsi Bali Prof. LK Suryani menjelaskan mengenai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh YWS Provinsi Bali maupun rencana kedepannya, serta cara untuk menjadi Lansia yang bahagia, sejahtera dan tetap terlihat awet muda.
(Agus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman