Bupati Faida : Tugas Kepala Daerah Adalah Mengawal Kesejahteraan Masyarakat , Khususnya Yatim Piatu


Peduli Rakyat News | Jember,- Dalam acara Yatim Bersholawat , Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR menyatakan “ Adalah tugas kepala daerah untuk mengawal kesejahteraan masyarakat, khususnya para yatim dan piatu . ”

Pernyataan yang disampaikan oleh Bupati Faida saat bertemu ribuan anak yatim piatu di Pendapa Wahyawibawagraha , Kamis , 19 September 2019 .

Dalam acara Yatim Bersholawat itu , Bupati Faida bersama sekitar 978 anak yatim piatu yang berkumpul di pendapa .

“ Untuk keberkahan bersama  dan keselamatan Jember , serta seluruh masyarakatnya . Juga mengajak anak-anak untuk mendoakan kedua orang tuanya , baik yang sudah meninggal maupun yang masih bersama , ” kata Bupati Faida .

“ Dan , memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menampilkan kebolehannya , ” imbuh Bupati Faida .

Bupati Faida berpesan kepada orang tua yang menjadi pendamping , agar tidak berkecil hati . Sebab , Pemerintah Kabupaten Jember akan mengawal pendidikan anak yatim piatu sampai ke perguruan tinggi .

Disisi lain dalam bidang pendidikan , pemerintah juga memperhatikan kesehatan mereka . “ Asuransi kesehatan gratis bagi keluarga yatim piatu. Semoga menjadikan perlindungan buat keluarga mereka manakala sakit , "  ujar Bupati Faida .

Bupati Faida mengatakan , memberikan perhatian kepada anak yatim piatu , merupakan tuntunan agama . Penghormatan buat anak yatim dicontohkan oleh Rasulullah .

“ Harusnya juga dicontoh oleh Pemerintah Kabupaten Jember . Anak yatim piatu kita juga tamu VVIP Pemerintah Kabupaten Jember , ” tutur Bupati Faida .

Bupati Faida juga menjelaskan , tahun lalu terdapat data 5.000 anak yatim piatu di Jember . Data terbaru juga menunjukkan ada 5.000 anak yatim piatu , sehingga ada 10.000 anak yatim .

Untuk eberadaan mereka itu akan diwadahi dalam sebuah perkumpulan  dan wadah ini akan dibentuk secara bertahap .

Bupati Faida menjelaskan , festival yatim piatu bertujuan agar mereka saling bertemu , hal itu diungkapkan bupati sesaat setelah acara tersebut kepada awak media yang hadir untuk meliput .

“ Supaya mereka bisa bertemu satu dengan yang lain, bersilaturahmi dan tidak merasa sendiri , " jelas Bupati Faida .

Di dalam festival anak yatim juga untuk memastikan semua kebutuhan administrasi kependudukan seperti KIA , KK yang belum lengkap , maupun akte kelahiran  dimiliki mereka .

Di acara ini juga untuk memberikan beasiswa yang menjadi program di Dinas Pendidikan . Beasiswa ini juga sudah termuat dalam peraturan bupati , bahwa seluruh anak yatim memiliki hak atas akses beasiswa sampai mereka perguruan tinggi .

Dalam acara itu juga dibagikan bantuan melalui buku tabungan . Ini agar bisa berkesinambungan , lebih mudah dan mereka inklusi keuangan .

Dan juga ada program terbaru yang diberikan kepada anak yatim piatu , yaitu program transportasi ke sekolah antar – jemput anak-anak yatim piatu di seluruh Kabupaten Jember .

Transportasi gratis itu dengan kupon , baik menggunakan ojek tradisional , angkutan kota , maupun angkutan perdesaan sesuai rute anak yatim . " Supaya mereka tidak terbebani , " kata Bupati Faida .

Sedangkan untuk keluarga anak yatim ini juga mendapat kan beras dari daerah yang diantar setiap bulannya oleh pemerintah .
(Nu2g)

Posting Komentar

0 Komentar