Iklan VIP

Redaksi - Pedulirakyatnews.com
Rabu, 07 Februari 2024, 10:05 WIB
Last Updated 2024-02-07T03:23:38Z
Jawa TimurLumajang

Dukung Pemilu Damai Tahun 2024, Civitas Akademika STKIP Muhammadiyah Lumajang gelar deklarasi

STKIP Muhammadiyah Lumajang.

Pedulirakyatnew.com | Lumajang - Sebagai langkah mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 yang damai dan demokratis, STKIP Muhammadiyah Lumajang menggelar deklarasi pemilu damai di kampus mereka.

Kegiatan yang bertujuan untuk mendukung penyelenggaran pemilu 2024 agar berjalan dengan damai tersebut, dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta pihak-pihak terkait, Senin (5/2/2024).

Dalam kesempatan ini Ketua STKIP Muhammadiyah Lumajang  Eny Nur Wahyuni, S.H., M.Si, mengatakan Pemilu  merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia. 

"Kami percaya pemilu adalah momentum penting bagi demokrasi, dan kami berkomitmen untuk menjalankan proses ini dengan damai dan bertanggung jawab," katanya

Menurutnya, peranan segenap komponen bangsa dalam menciptakan suasana pemilu yang aman, damai, dan kondusif merupakan hal mutlak dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Deklarasi ini mencakup komitmen untuk tidak terprovokasi dengan berkembanganya isu isu politik dan penyebaran berita bohong atau hoax yang tidak jelas sumbernya," ujarnya .

Ia juga menuturkan bahwa dosen dan mahasiswa sebagai cendikiawan tentu memiliki peranam penting dalam menjaga kondusifitas selama perlaksanaan pesta demokrasi.

"Mahasiswa memiliki peran strategis dalam terciptanya pemilu yang damai,"ungkapnya.

Ketua STKIP Muhammadiyah Lumajang, juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama menjaga kebhinekaan, jangan karena berbeda sehingga menimbulkan perpecahan bangsa.

"Mari bersama-sama kita jaga keberagaman pendapat, dan tunjukkan bahwa kita bisa menyampaikan pandangan dengan santun dan rasa tanggung jawab," tutupnya. (Red)