Iklan VIP

Rabu, 20 Desember 2023, 13:34 WIB
Last Updated 2023-12-20T06:34:38Z
BemKampanye Hitam

Forum BEM Jember Aksi Lawan Kampanye Hitam

Jember, Pedulirakyatnews.com - Forum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Jember berkomitmen untuk melawan kampanye hitam. Karena mereka melihat rusaknya kualitas demokrasi salah satunya disebabkan oleh kampanye hitam. Kampanye hitam merupakan aktivitas yang dilakukan satu pihak untuk menyerang pihak lain. Serangan yang dilakukan bisa berupa penyebaran isu bohong (hoax) atau wacana tidak berdasar fakta yang sengaja disebar untuk menjatuhkan.

Mahasiswa yang disatukan dalam Forum BEM Jember sukses laksanakan mimbar demokrasi pada Rabu 20 Desember 2023 di Kampus Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. Ribuan mahasiswa dalam acara tersebut menyerukan penolakan atas kampanye hitam dengan dipandu dengan orator dari BEM Jember.

Selaras dengan komitmen yang digelorakan oleh mahasiswa, Wildani Hefni selaku Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menjelaskan bahwa kaum intelektual harus melawan semua praktik kampanye hitam. Sebab kampanye hitam akan merusak hakikat demokrasi. Mahasiswa secara kritis harus memerangi praktik tersebut melalui narasi media.

“Sebagai kaum intelektual, mahasiswa memiliki peran yang signifikan untuk melawan kampanye hitam (black campaign) yang memuakkan publik. Black campaign inilah yang harus diamputasi karena sudah pasti disusupi dengan narasi provokatif yang menyasar titik emosional pemilih. Ruang digital dimanfaatkan sebagai wadah penyemburan narasi kebencian. Dalam konteks ini, nalar kritis mahasiswa dibutuhkan untuk turut berkontribusi mencegah derasnya arus kampanye hitam yang merusak keadaban politik" jelasnya pada Rabu (20/12/23).

Sementara itu, Ahmad Ainun Aulia berstatement bahwa mahasiswa harus cerdas dalam menyikapi wacana di tahun politik. Intelektual harus melakukan analisa kritis atas informasi di media agar tidak terpengaruh bahkan terprovokasi pada hoax.

“Mahasiswa harus bijaksana dan cerdas dalam menghadapi fenomena maraknya berita bohong, terutama di tahun politik yang serba kepentingan. Harus ada filtrasi dalam menerima informasi. Check dan recheck penting dilakukan untuk mengetahui validitas kebenaran dari informasi tersebut. Jangan sampai mahasiswa terprovokasi atas berita hoax yang sengaja disebar. Mahasiswa harus melakukan analisa kritis terhadap wacana media” ucap Ainun saat diwawancarai pada Rabu siang.

Dalam rangkaian mimbar demokrasi tersebut ada sesi penggalangan tanda tangan seribu mahasiswa sebagai bukti komitmen untuk melawan kampanye hitam serta isu hoax yang mencederai citra demokrasi. (Gusti)