Iklan VIP

Kamis, 06 April 2023, 20:14 WIB
Last Updated 2023-04-06T13:17:07Z

Beli Kue Lebaran Pakai Uang Palsu, Emak Emak Asal Lumajang Ditangkap Massa


Jember, Peduli Rakyat News.com - Kasus peredaran Uang Palsu kembali ditemukan di Kabupaten Jember, kali ini pelaku berhasil diamankan saat membelanjakan di pasar Baru Kencong Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember, Kamis (6/4/2023).

Bahkan terduga pelaku sempat hendak kabur sesaat ketahuan membelanjakan uang palsu pecahan Lima Puluh Ribuan dan Dua Puluh Ribuan. Pedagang Kue Lebaran atas nama bu Sila (50) warga dusun krebet desa gumukmas yang menjadi korban uang palsu tersebut.

"Saya setiap pagi jualan kue kue kering lebaran pak, ada yang harga murah dan hingga puluhan ribu. Kejadian uang palsu ini sekira jam 06.00 dan sudah ketiga kalinya pak. Ibu ini membelanjakan kue lebaran habis Delapan Puluh Lima Ribu Rupiah. Pelaku bilangnya uang bakul jeruk dan hendak kabur, ya saya kejar bersama pedagang lainnya. Alhamdulillah bisa ditangkap pak," kata Sila pedagang Kue Lebaran yang menjadi korban uang palsu.

Pasca diamankan oleh pedagang dan massa, pelaku yang berinisial A (47) warga Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Pelaku juga diperiksa oleh massa dan keamanan pasar, bahkan nyaris diamuk massa yang emosi.

"Ini sudah kejadian yang ketiga kalinya mas, tadi ada laporan dari pedagang kue lebaran. Saya langsung merapat, dan saya interogasi ternyata ada beberapa pecahan uang dua puluh ribuan dan lima puluh ribuan," kata Iqrom petugas keamanan pasar baru Kencong.

Iqrom menambahkan pelaku diamankan ke mapolsek kencong untuk menghindari amukan massa."saya langsung amankan pelaku berikut tas berisi uang palsu mas, saya bawa ke mapolsek kencong daripada di sini khawatir di amuk massa," timpa Iqrom.

Jelang Lebaran Idul Fitri 1444 H, peredaran uang palsu sangat mengkhawatirkan apalagi korbannya rata rata pedagang kecil yang tidak tahu perbedaan uang asli atau palsu.(Gusti)