Iklan VIP

Jumat, 28 Oktober 2022, 09:53 WIB
Last Updated 2023-02-02T09:05:38Z

DINAS PERDAGANGAN, PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA NGAWI ADAKAN PELATIHAN TATA BOGA

NGAWI,- Peduli Rakyat news.-
Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga kerja Kabupaten Ngawi Tahun 2022 ini laksanakan pelatihan di BLK Ngawi meliputi Tata boga, Desain grafis, menjahit dan tata rias pengatin. SUPRIYADI,ST,MM selaku Kabid Tenaga Kerja, Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disdagrinnaker) Ngawi mengatakan bahwa persaingan untuk menjadi tenaga kerja siap pakai untuk bekerja di perusahaan sangat ketat,diharapkan agar calon tenaga kerja dapat merubah pola pikir dari keinginan bekerja pada perusahaan juga untuk menciptakan lapangan kerja sendiri,terangnya".

Untuk mencapai itu pihaknya mengadakan pelatihan yang dipandu oleh instruktur berpengalaman dalam bidangnya, berlangsung selama 22 hari di Balai Latihan Kerja (BLK) Disdagrinnaker Kabupaten Ngawi,yang dimulai pada 10 Oktober - 3 November 2022.

“Setidaknya ada dua orientasi bagi para calon tenaga kerja, pertama sebagai tenaga kerja yang siap ditempatkan di perusahaan dan yang kedua mampu berdikari menciptakan lapangan kerja sendiri.

Novita Rahmania (36) selaku instruktur tata boga mengatakan bahwa untuk peserta pelatihan tata boga pembuatan kue diikuti sejumlah 16 peserta dalam 4 kelompok, yang sangat antusias mengikuti pelatihan dari tingkat dasar hingga ke tingkat lanjut. Pelatihan tersebut menghasilkan produk pelatihan berupa pembuatan kue sus yang hasilnya dapat dipasarkan ke masyarakat. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Novita, instruktur tata boga, dimana peserta mengikuti semua tahapan pelatihan pembuatan kue, sehingga output pelatihan nantinya dapat menerima pesanan kue, dan dengan kemajuan jaman seperti saat ini, dapat dijadikan usaha ekonomi kreatif.

Selanjutnya pelatihan keahlian khusus ini  akan diadakan terus secara periodik, dengan lebih banyak lagi peserta, serta penambahan jenis pelatihan, sehingga semakin banyak jenis lapangan kerja yang diciptakan dan mengurangi tenaga kerja pengangguran.(didik)