Iklan VIP

Kamis, 25 November 2021, 13:01 WIB
Last Updated 2021-11-25T06:01:55Z
Jember

PMI Buka Posko Pertolongan Pertama Siaga Pilkades Serentak


Peduli Rakyat News | Jember,– PMI Kabupaten Jember ikut siaga dalam pemilihan langsung kepala desa (pilkades) serentak, Kamis 25 November di Kabupaten Jember. PMI membuka posko siga pertolongan pertama Pilkades serentak yang dipusatkan di klinik pratama PMI kabupaten Jember. Pilkades serentak di kabupaten Jember diikuti 59 desa dengan calon kepala desa sebanyak 214 orang. Ribuan pemilih dipastikan berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing. 


Menurut Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH, PMI memiliki tenaga kesehatan yang terlatih dalam memberikan pertolongan pertama. “PMI punya tim kesehatan, punyak dokter dan perawat yang siap melayani masyarakat, termasuk memberikan pelayanan kesehatan dalam pelaksanaan Pilkades, khususnya pertolongan pertama,” kata ketua PMI EA Zaenal Marzuki.


Zaenal Marzuki menambahkan, bahwa PMI sebagai lembaga kemanusiaan selalu siap untuk mendukung kegiatan-kegiatan pemerintah, TNI, Polri atau kegiatan masyarakat. “Sesuai tujuh prinsip dasar kepalangmerahaan, PMI selalu siap menjalankan amanah sesuai tugas pokok dan fungsinya,” imbuhnya.



Nah, ditengah pelaksanaan Pilkades serentak pemerintah dan aparat bersama-sama untuk mengantisipasi segera kemungkinan. Baik dari faktor keamanan atau kesehatan. Apalagi, saat ini masih masa pandemic COVID-19. “Tim kesehatan PMI ikut mendukung pelaksanaan Pilkades, 30 relawan dan dua dokter umum diterjunkan untuk memberikan pertolongan pertama,” imbuhnya.


Jika sewaktu-waktu ada kejadian, sambungnya, tim kesehatan PMI dan relawan telah siap. “Ini sedia payung sebelum hujan. Kami berharap pelaksanaan Pilkades aman lancar dan tidak terjadi sesuatu, yang penting tidak ada kluster COVID-19,” imbuhnya. (*)