Iklan VIP

Kamis, 28 Januari 2021, 17:55 WIB
Last Updated 2021-07-08T14:00:24Z
BeritaJemberKesehatanNganjukPamekasanPatiRembangSejarahWisata

PMI dan Polres Jember Atasi Ketersediaan Stok Darah Plasma, 76 Polisi Penyintas Covid-19 ikuti Screening

pedulirakyatnews.co.id  | Jember - Ketersediaan Darah Plasma Konvalesen yang terbatas mendapat perhatian Kapolres Jember, AKBP. Arif Rachman Arifin, S. I. K, MH, untuk mendorong jajarannya membantu proses penyembuhan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 dengan menggelar Bakti Sosial Donor Darah Plasma Konvalesen bersama PMI Kabupaten Jember dan RSUD. dr. Soebandi. 

Donor Darah plasma Konvalesen diikuti 76 penyintas Covid-19 dari anggota Polres Jember yang sejak pagi mengikuti proses screening di kantor Unit Donor Darah PMI Kabupaten Jember di Jalan Srikoyo Nomor 115 Patrang Jember, Kamis 28/1/2021.

”Kami mengajak anggota dan masyarakat yang sembuh dari Covid-19 untuk turut berpartisipasi sebagai pendonor darah plasma. Kami memastikan kegiatan donor darah di masa pandemi aman dilakukan karena menerapkan protokol kesehatan dan proses screening yang sangat ketat, Jadi kita bisa melaksanakan donor plasma konvalesen dari para penyintas”, tuturnya.

Ketua PMI Kabupaten Jember H.E.A Zaenal Marzuki, SH, MH mengapresiasi langkah Kapolres Jember beserta jajarannya untuk membantu menjaga ketersediaan darah plasma yang sangat terbatas, sementara permintaan sangat tinggi baik dari Kabupaten Jember maupun dari luar daerah.

Unit Donor Darah PMI Kabupaten Jember telah melayani sebanyak 69 kantong Plasma Konvalesen. Jumlah tersebut dari semua golongan darah diantaranya golongan darah O sebanyak 27 kantong, dolongan darah A sebanyak 24 kantong, golongan darah B sebanyak 11 kantong dan golongan darah AB sebanyak 9 kantong. 

Dan hingga hari ini, antrian yang membutuhkan Plasma Konvalesen ada 43 pasien dimana untuk golongan darah A sebanyak 11 pasien, B sebanyak 9 pasien, O sebanyak 16 pasien dan AB sebanyak 17 pasien. Sementara saat ini stok Plasma Konvalesen tersedia 15 kantong yang semuanya itu telah dipesan sebelumnya oleh pasien.