Iklan VIP

Rabu, 25 November 2020, 15:57 WIB
Last Updated 2021-06-17T15:53:41Z
BeritaJember

Pembuatan Kartu Identitas Anak di Jember Tembus 46,3 Persen, Diatas Target Nasional


Peduli Rakyat News | Jember,-  Di Kabupaten Jember dalam Pembuatan Kartu Indonesia Anak (KIA) sudah mencapai 46,3 persen. Capaian ini melampaui target nasional yang mencanangkan sebesar 20 persen. Isnaeni Dwisusanti, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) menyatakan hal itu di depan sejumlah awak media. 


“Alhamdulillah kita sudah mencapai 46,3 persen. Sebenarnya target nasional pembuatan KIA di Kabupaten Jember 20 persen. Jember merupakan Kota Ramah Anak, untuk itu kita ingin melayani hak anak di Kabupaten Jember, salah satunya pembuatan KIA,” ujarnya, Rabu (25/11/2020).


Hasil capaian KIA ini sesuai dengan 22 Janji Kerja Bupati dan Wakil Bupati Jember, Faida – Muqit. Pada point terakhir 22 Janji Kerja Bupati dan Wakil Bupati Jember disebutkan, menjadikan Jember sebagai Bumi Shalawat yang ramah lingkungan, ramah warga berkebutuhan khusus, ramah ibu dan anak, serta ramah kelompok minoritas.


Menurut Bu Santi, panggilan Isnaeni Dwisusanti, mengenai manfaat dari KIA itu sendiri bisa digunakan untuk persyaratan membuka rekening tabungan dan membeli tiket kereta atau pesawat. Karena itu, dispendukcapil menargetkan semua anak di Kabupaten Jember memiliki KIA.


“Kita akan berkoordinasi dengan Muspika atau kelompok tertentu membantu anak berumur 5 tahun keatas yang belum memiliki KIA agar segera memiliki. Kita juga akan share nama-nama anak yang sudah terbit akte kelahirannya sebagai persyaratan pembuatan KIA ke grup WA tersebut, agar mereka segera mengurus KIA,” tuturnya.


Ditambahkan, negara berkewajiban untuk memberi kartu identitas diri bagi warganya. “Apalagi Jember merupakan Kota Ramah Anak, kita berharap semua anak di Jember memiliki KIA,” pungkasnya. (*)