Iklan VIP

Rabu, 13 Mei 2020, 11:44 WIB
Last Updated 2020-05-13T04:44:10Z
Karangasem

Terdampak Corona, Ratusan Warga Sangkan Gunung Terima BLT 3 Bulan

Peduli Rakyat News | Karangasem,- Wujud nyata, terhadap dampak pandemi Covid 19, sejumlah masyarakat dari 9 Dusun, di Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), berupa buku tabungan (tarikan non tunai), Selasa (12/5).

BLT ini bersumber dari Dana Desa (DD) hasil Musdes khusus perubahan APBDes tahun 2020. Selanjutnya penerima bisa melakukan proses penarikan bantuan di 5 LPD desa Adat setempat.

Perbekel (Kades) Sangkan Gunung I Nyoman Suara didampingi bendahara desa, Bhabinkamtibmas, I Nyoman Darma, Bhabinsa I Made Mustika dan pendamping Desa I Gede Subita mengatakan, ada sebanyak 188 KK warga yang menerima bantuan.

Di mana untuk kriteria penerimanya, harus warga miskin yang terdampak pandemi Corona, serta tidak terdata atau bukan penerima PKH, BPNT, dan jaring pengaman sosial lainnya.

"Astungkara, hari ini kita bisa menyerahkan secara simbolis BLT itu untuk masyarakat," ungkap Nyoman Suara.

Disebutkan, untuk pendataan warga yang menerima BLT, melalui musyawarah dengan melibatkan Kepala Dusun dan tokoh-tokoh masyarakat. Adapun tiap KK mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 600 ribu per bulan, yang diberikan selama tiga bulan ke depan.

"Mudah mudahan masyarakat yang menerima dapat memanfaatkan bantuan itu dengan benar, dan tidak digunakan di luar yang diinstruksikan." harapnya. 

Juga untuk bantuan semoga dapat meringankan kebutuhan pokok warga di tengah pandemi ini. Dan berharap wabah Corona ini segera berakhir, sehingga masyarakat dapat kembali hidup normal seperti biasa. 

"Kita, Desa Sangkan Gunung akan terus melangkah dan berupaya semaksimal mungkin untuk meringankan beban ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini," terang Nyoman Suara menyudahi. (Agus)