Iklan VIP

Selasa, 07 April 2020, 22:20 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:01:09Z
BaliBeritaJembrana

Satgas Umumkan Dua Kasus Baru Positif Covid-19

Peduli Rakyat News | Jembrana,- Pasien positif Covid 19 di Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali bertambah dua orang, sehingga total sampai hari ini, Selasa (7/4) pukul 14.00 Wita tercatat 4 kasus.

Sebanyak dua tambahan positif baru merupakan warga Jembrana asal Kecamatan Negara dan Kecamatan Melaya.

"Kasus baru satu orang merupakan transmisi lokal dari pasien positif sebelumnya (istri dari pasien positif pertama). Yang kedua setelah kami tracing merupkan Imported Case, PMI sempat bepergian keluar negeri", kata Humas Satuan Gugus Tugas ercepatan penanganan Covid 19 Jembrana, dr I Gusti Agung Putu Arisantha, dalam keterangan persnya bersama Wakil Ketua I Gugus Tugas Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok serta Kabag Ops. Polres Jembrana I Wayan Sinaryasa. 

Lebih lanjut disampaikan Arisantha, keempat pasien positif itu kini masih dirawat di ruang isolasi RSU Negara. " Saat ini masih dirawat , namun kondisinya sudah membaik. Kita fokuskan untuk isolasi di RSU menunggu hasil swab berikutnya, " ujar Arisantha.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan Jembrana kini jumlahnya menjadi 8 orang, 4 dari mereka positif, 3 sudah sembuh dan kini diawasi di rumah dan 1 orang tengah menjalani perawatan di RSUP Sanglah.

"Penambahan 3 orang PDP itu hasil tracing gugus provinsi. Mereka warga KTP Jembrana tapi dirawat di luar Jembrana", terang Arisantha.

Sementara untuk jumlah ODP, dari data yang dihimpun gugus tugas Jembrana per hari ini (7/4) berjumlah 102 orang. Angka itu bertambah tujuh orang dari sebelumnya. Sedangkan 31 diantara ODP itu kini sudah sembuh atau selesai dalam pemantauan.

Menyikapi tambahan kasus positif baru ini, Pemkab Jembrana disebutnya sudah memperluas penelusuran kontak.

"Diantaranya tracking kontak terhadap cluster Kecamatan Negara dan Melaya. “Untuk cluster baru di Negara dan Melaya hari ini sudah diambil rapid tes. Total sebanyak 15 orang di RSU Negara, “ imbuhnya. 

Kedepan untuk mempersingkat jarak lokasi dengan tempat tinggal ODP, pihaknya sedang menyiapkan 10 puskesmas se-Jembrana sebagai tempat pelaksanaan rapid test. Tenaga analis pun sudah dilatih untuk kesiapan dilapangan. “Jadi nanti tidak hanya dipusatkan di RSU Negara. Rapid test ini untuk menjangkau ODP di Jembrana karena sampai hari ini masih ada 30 ODP yang belum mengikuti tes rapid“, papar Arisantha.

Sementara itu, Wakil Ketua I Gugus Tugas yang juga Dandim 1617 Jembrana, Letkol Kav. Defri Marsono Hanok mengatakan penanggulangan covid 19 ini adalah tugas bersama. Pihaknya melalui babinsa dan babhinkamtibmas sudah membentuk satgas gotong royong dimasing masing desa/kelurahan. Tugasnya rutin turun kemasyrakat , melakukan pengecekan dan himbauan langsung ke masyarakat terkait langkah-langkah penanganan covid-19. Termasuk melakukan penyemprotan desinfektan sebagai pencegahan awal.

“Jadi kami tegaskan, semua pihak terlibat , membentuk satgas gotong royon ini. Semuanya bersinergi , tidak ada kerja sendiri untuk melakukan aksi nyata pencegahan covid-19 dimasyarakat", jelasnya.

Sedangkan Bupati Jembrana I Putu Artha kembali menghimbau masyarakat untuk ikut anjuran pemerintah dengan tinggal di rumah, terkecuali ada kepentingan mendesak. Artha mengingatkan kembali agar jangan sampai ada lockdown wilayah. Membantu penelusuran kontak , Artha juga berharap warga aktif melaporkan dirinya. “Segera laporkan diri, bisa lewat Kelihan / Kaling di bawah untuk difasilitasi rapid test kalau memang pernah kontak. Kalau ada warga yang tidak mau rapid test , bisa dilaporkan kepihak berwajib“, tegas Artha. 

Demikian juga untuk kerumunan masyarakat , Artha berharap agar dihentikan. ” Saya melihat masih ada yang kumpul-kumpul . Kalau ada yang melanggar , pihak gugus melalaui aparat kepolisian berhak untuk membubarkan . Ini demi keamanan kita bersama untuk menghentikan penyebaran virus“, pungkasnya. (Humas/Abhi/Suar)