Iklan VIP

Senin, 17 Februari 2020, 10:11 WIB
Last Updated 2021-06-17T16:15:39Z
BaliBeritaDenpasarTerkini

Jaga Kelestarian Lingkungan, Panitia BBMVER dan Wisatawan Tanam 500 Pohon

Peduli Rakyat News | Denpasar,- rangkaian acara Bali Bhayangkara Medco Valentine Eco Run (BBMVER) 2020 sudah dimulai sejak hari Kamis (13/2) lalu. Selain membagikan Race Pack Collection (RPC) kepada para pelari, Panitia BBMVER juga menggelar kegiatan peduli kelestarian lingkungan hidup dengan mengadakan penanaman pohon di kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar Selatan.

Personel Polda Bali bersama PT Medco Power Indonesia menanam 500 pohon terdiri pohon Cempaka, Mahoni dan Jati Belanda (Gmelina). Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya banjir, tanah longsor, abrasi dan menjaga keseimbangan alam. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Direktur Reskrimsus Polda Bali, Kombes Pol. Yuliar Kus Nugroho.

Kombes Pol. Yuliar Kus Nugroho mengatakan kegiatan penghijauan melalui gerakan penanaman pohon sejalan dengan misi dan visi PT Medco Power Indonesia dan program Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si tanggal 10 Januari lalu. Bersamaan dengan momentum gerakan satu juta pohon sedunia sekaligus hari lingkungan hidup nasional. 

Dijelaskannya bahwa program penanaman pohon serentak sebenarnya hanya simbol saja. Tetapi dibalik itu, ada hal yang jauh lebih penting, yaitu bagaimana menggugah hati masyarakat untuk mau peduli terhadap bumi dan kelestarian lingkungan. Pohon yang ditanam akan dirasakan manfaatnya untuk anak dan cucu kita sebagai generasi penerus bangsa.

Kegiatan penanaman pohon ini mendapat dukungan dari masyarakat dan komunitas “Bye-Bye Plastic Bags” serta sejumlah wisatawan asing dari Australia, Ukraina, Brazil, Inggris Italia, Prancis dan Spanyol. 

“Kami semua peduli dan cinta lingkungan. Polda Bali bersama-sama dengan tim dari Medco, Komunitas Bye-Bye Plastic, Wisatawan dan secara keseluruhan masyarakat Bali, kita semua peduli terhadap linkungan dan mencintai lingkungan. Kami cinta lingkungan,” kata Dir Reskrimsus Polda Bali. 

Wisatawan asal Australia, Tommy mengaku senang mengikuti kegiatan penenaman pohon yang diselanggarakan oleh Polda Bali. Ia menyarankan agar kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan untuk kedepannya bisa menjaga kelestarian alam pulau bali dan hal utamanya bisa menghindari bencana alam, seperti banjir, dan tanah longsor

“I am really love this project Regional Bali Police and thanks for planting this tree. Saya cinta lingkungan,” ucap Tommy. (Tim)