Iklan VIP

Selasa, 11 Februari 2020, 09:27 WIB
Last Updated 2020-03-11T02:28:06Z
Jember

Bupati Faida Ajak Kerja Sama Ferry Setyawan Produksi Kaki Palsu


Peduli Rakyat News | Jember,- Ferry Setyawan adalah salah satu dari sekian banyak penyandang disabilitas mampu menghasilkan karya hingga mandiri. Ferry yang juga penyandang disabilitas ini mempunyai usaha mandiri, yakni produksi kaki palsu dan reparasi kaki palsu.

Ferry menjalankan usahanya itu di rumahnya yang berada di Jalan Kaca Piring Gang 1 No. 36 Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang Jember. Saat ditemui di rumahnya, pada Selasa siang, 11 Februari 2020, Ferry menjelaskan tentang awal mula usaha yang dijalani tersebut.

“Dulu awalnya ingin buka usaha lain. Tetapi, karena biaya modal besar tidak jadi. Akhirnya, dapat masukan dari tetangga untuk coba membuat kaki palsu. Usaha ini dirintis sejak tahun 2016,” terang Ferry.

Ferry mengaku, untuk memulai usahanya itu, ia belajar secara otodidak. Awal membuat kaki palsu, ia sering gagal. Sampai akhirnya mendapatkan pemesanan dua kaki. Karena ukuran kaki pasien berbeda, jadi semua harus pesan terlebih dahulu.


Untuk prosesnya diukur dulu, baru dicetak. Pengerjaannya kurang lebih seminggu. Jika, ada yang tidak dapat datang ke tempat kerjanya, ia akan datang ke rumah pemesan itu untuk mengukur.

Selain untuk menunjang ekonominya, usahanya ini dibuat untuk membantu sesama. “Karena saya merasakan, jika beli online harga kaki mahal dan jarang terbeli. Jadi, kaki palsu ini dijual dengan harga sosial dan terjangkau,” terang Ferry.

Ferry menjelaskan, harga kaki palsu bikinannya bervariasi tergantung besar kecil kaki pemesan. Rata-rata harganya Rp. 4,5 sampai Rp. 5,5 juta dengan bahan viber. Untuk kaki palsu buatannya itu, Ferry memberikan garansi 3-6 bulan.


"Selama ini para penyandang disabilitas sering mendapatkan bantuan kaki, tetapi tidak pas. Jadi, jarang dipakai. Walaupun harga mahal, jika tidak nyaman tidak akan dipakai. Maka, dengan adanya pesan kaki palsu ini, mengutamakan kenyamanan, ringan, kuat dan pas," ungkap Ferry.

Ferry berharap usahanya ini dapat membantu sesama. Ia juga berharap bisa bisa memperoleh kerja sama untuk pengembangan usahanya itu.

Secara terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Gatot Triyono, menyatakan bahwa Bupati Jember, dr. Faida, MMR., mengapresiasi keuletan Ferry Setyawan.

Gatot mengungkapkan, bahkan Ibu Bupati berencana mengajak Ferry bekerja sama untuk memproduksi dan menyediakan kaki palsu bagi penyandang disabilitas di Jember.(*)