Breaking

Selasa, 08 Oktober 2019

Wabup Muqit Arief Menghadiri Penyaluran JASLUT dan BLU Tahap II di Kecamatan Umbulsari


Peduli Rakyat News | Jember,-  Wakil bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief bertandang ke Desa Paleran untuk menghadiri penyaluran Jaminan Sosial Lanjut Usia (Jaslut) dan Bantuan Lanjut Usia (BLU) tahun 2019 di Balai Desa Paleran , Kecamatan Umbulsari .

Penyaluran JASLUT dan BLU pada Jum’at , 04 Oktober 2019 ini merupakan tahap kedua kalinya setelah sebelumnya sudah dilakukan di Kecamatan Jelbuk .

Wabup Muqit Arief mengajak semua pihak hendaknya membantu para lansia semata-mata sebagai bentuk panggilan kemanusiaan , dengan niat beribadah .

“ Sebagai bentuk ibadah kepada Allah . Kalau kita senang menolong orang lain , insya Allah kita juga akan ditolong Allah , ” kata Wabup Muqit Arief .

“ Jadikan itu jalan untuk masuk surga, dengan merawat ayah dan ibu yang sudah sepuh , ” tutur Wabup . Seperti inilah balas budi anak kepada orangtua insyaallah mendapatkan pahala yang besar , ” lanjut Wabup Muqit Arief .

Wabup Muqit Arief menjelaskan bahwa Jaslut dan BLU , merupakan program kolaborasi pemerintah pusat , pemerintah provinsi dan Pemerintah Kabupaten Jember .

Di Kabupaten Jember sendiri , pada tahun 2019 terdapat 1.199 penerima Jaslut . Mereka menerima Rp. 2.000.000 setahun . Sedangkan untuk BLU , terdapat 87 lansia Jember yang menerima Rp. 200 ribu per bulan .

Dalam hal ini , Pemkab Jember memberikan Jaminan Kesehatan Daerah , pelayanan dokumen adminduk dan bantuan katering makan tiga kali sehari untuk lansia , serta bantuan beras daerah (Rastrada) .

“ Bantuan beras sebanyak 20 kg selama satu tahun, untuk 7.852 penerima manfaat . Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan data yang menyusul sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Jember , " ungkap Wabup Muqit Arief .

Di kesempatan ini , Wabup Muqit Arief juga menegaskan bahwa pemerintah wajib hadir untuk lansia yang tidak punya keluarga , sering sakit-sakitan . “ Ada lansia yang sudah sangat sepuh , maka kepada pendamping atau segenap masyarakat , diminta untuk benar-benar memberikan perhatian terhadap lansia , "  harapnya .

Wahyu Setyo H. S.KM,M.Si, sebagai Plt. Kepala Dinas Sosial menyampaikan bahwa Jaslut dan BLU merupakan kolaborasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial , Pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Jember .

“ Tujuan dari pemberian jaminan ini, untuk mencukupi kebutuhan dasar lansia , jaminan kesehatan dan jaminan taraf ekonomi , ” terang Wahyu Setyo .

Sedangkan untuk tahap kedua , Jaslut dan BLU 2019 diberikan kepada lansia di Kecamatan Jombang , Umbulsari , Jenggawah , Gumukmas , Puger dan Mumbulsari .

Untuk tahap ini ada 461 keluarga penerima manfaat program Jaslut dan 11 keluarga penerima manfaat progam BLU .

“ Jaminan kesehatan untuk lanjut usia dibagi dalam empat tahap . Jumlah totalnya 2 juta dalam satu tahun . Untuk bantuan lanjut usia juga dibagi menjadi tiga tahap , ” pungkas Wahyu Setyo .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman