Produk Lokal Jember Mie Sehat Menjadi Daya Tarik Pengunjung di Gelaran Jatim Kominfo Festival (JKF)


Peduli Rakyat News | Jember,- Di dalam gelaran Jatim Kominfo Festival (JKF) yang tertempat di Gor Ki Mageti ,  Kabupaten Magetan pada Rabu 03 Oktober 2019 . Ada satu produk Kabupaten Jember yang cukup menarik pengunjung di stand pameran Pemerintah Kabupaten Jember .

Produk tersebut adalah mie sehat yang berbahan sayuran . Untuk produk olahan ini adalah hasil produksi dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) binaan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember .

Namanya KIM O’reng Rembangan . Kelompok ini sudah berjalan lebih dari satu tahun mengolah mie sayuran dengan berbagai rasa ini .

Heru Setiyo Wicaksono selaku Ketua KIM O’reng menjelaskan , selama ini KIM bergerak di literasi informasi . Kegiatannya seperti membagikan informasi-informasi , utamanya informasi penangkal hoax .

“ Dan menjembatani informasi-informasi dari provinsi untuk desa, juga membuat beberapa kegiatan kepemudaan , ” terang Heru Setiyo .

Mie ini diberi nama “Mie Nyaman” . Mie instan sayur organik ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan . Produk yang mie sehat lagi naik pamor .

Mie Nyaman ini menyediakan berbagai varian rasa . Diantaranya rasa Buah Naga , Wortel , Bayem dan Katuk .

KIM O’reng Rembangan selain memproduksi mie juga memproduksi coklat . Produk ini juga hadir dengan berbagai varian rasa . Seperti rasa Nangka , Edamame dan Coklat Tempe .

“ Karena di Rembangan salah satu daerah penghasil Buah Naga , jadi Varian Mie sayur ada Buah Naga , Wortel , Bayem dan Katuk yang dibanderol harga Rp 7 ribu setiap satuannya , ” kata Heru Setiyo .

Produk mie sayur memiliki manfaat agar orang bisa hidup sehat tanpa pengawet , MSG dan bahan kimia lainnya . Hidup sehat dengan mie yang berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan .

Kedepannya , Heru Setiyo berharap ada beberapa KIM lainnya yang berasal dari daerah sehingga bisa memberikan informasi lebih luas lagi dan bisa mengembangkan ciri khas Jember .

Dapat diketahui bersama bahwa KIM merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoinfo) . Untuk mendukung kelompok ini , Kemenkoinfo memberikan berbagai sarana komunikasi kepada ribuan KIM di seluruh Indonesia .

Seorang pengunjung stand pameran Pemerintah Kabupaten Jember bernama Diah Probo mengaku suka dengan adanya mie instan yang berasal dari buah dan sayur .

“ Mie ini merupakan menu baru , belum pernah ada . Meski baru pertama mencoba , saya sangat tertarik karena bisa hidup sehat meskipun konsumsi mie , ” kata Diah Probo ketika berkunjung distand Pemkab Jember .
(Nu2g)

Posting Komentar

0 Komentar