Breaking

Sabtu, 12 Oktober 2019

DINSOS LUMAJANG BUKA DIALOG KESERASIAN SOSIAL DI DESA JOKARTA


PedulirakyatNews | Lumajang,- Warga Desa Jokarto antusias hadir dalam rangka Dialog Keserasian Sosial dalam mengatasi pencegahan konflik. Sabtu ( 12/10/2019 )

Ketua Forum Keserasian Sosial Desa Jokarto Kecamatan Tempeh Abdul Mugeni menyampaikan bahwa kegiatan diaolog Keserasian Sosial di Desa Jokarto dengan tema Kearifan Lokal menjaga Kerukunan antar masyarakat bisa memberikan dampak yang positif untuk masyarakat bisa membantu dalam pemecahan konflik sosial, dalam hal ini dulu Desa Jokarto ada konflik terkait masalah irigasi, dalam kegiatan dialog ini dihadiri kurang lebih 100 orang yang tersebar di semua dusun dan RW di Desa Jokarta.

Untuk bantuan dari kementerian sosial berupa bangunan fisik yaitu pembuatan saluran irigasi dimana dalam pengerjaannya sudah sampai pada tahap 50 persen, dan juga nanti ada kegiatan tematik tematik yang tentunya akan melibatkan komponen warga desa Jokarto.

Kepala desa Jokarto Afifudin mengucapkan terima kasih atas kedatangan warganya untuk hadir Balai Desa ikut dalam rangka Dialog Keserasian sosial dan berharap dengan kegiatan ini semua konflik terutama di bidang saluran irigasi bisa diatasi dengan penuh kerukunan serta kedamaian.

Kerukunan yang sudah lama ada di desa Jokarto seperti gotong royong dan musyawarah masih tetap ada dan harus tetap di jaga dan dilestarikan jangan sampai punah di era globalisasi ini.

Beliau juga sampaikan nilai nilai kearifan lokal yang  hampir hilang harus di lestarikan, untuk menjaga kerukunan harus terjaga mulai dari keluarga dulu, untuk Musyawarah baik di dusun maupun di Desa selalu menjadi prioritas dalam mengambil keputusan, Untuk satgas Keamanan Desa di Jokarto murni pekerja sosial dan tidak ada gaji bagi SKD, untuk itu beliau sangat bersyukur atas kerja para SKD di Desa Jokarto

Sambutan perwakilan Kecamatan  Tempeh diwakili oleh Kasi PMD Hariyanti sangat bangga atas warga Jokarto untuk selalu siap dalam penanganan konflik, terutama terkait saluran irigasi persawahan.

Kearifan lokal bisa berupa kesenian seperti di Jokarto ada hadrah, sedangkan kegiatan sedekah desa  setiap tahun dilakukan dan dilaksanakan warga desa Jokarto.


Sambutan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Ninis legiswati, menyampaikan bahwa di kabupaten Lumajang sudah mengusulkan 3 Desa akan tetapi yang di setujui oleh kementerian sosial dua desa yaitu desa Jokarto dan desa Gedang Mas Kecamatan Randuagung.

Beliau juga menyampaikan program ini ada karena dulunya di desa Jokarto ada konflik terkait masalah irigasi persawahan, oleh sebab itu warga bersama Keserasian Sosial Kabupaten Lumajang dan Forum Keserasian Sosial Desa Jokarto mengusulkan agar di beri bantuan fisik pembuatan saluran air untuk mengairi persawahan diharapkan setelah selesai masyarakat tidak ada lagi konflik terkait irigasi," tuturnya.


Rudik M Kholik selaku Pendampingan Keserasian Sosial Kabupaten Lumajang, dalam mengajukan program dari Kementerian Sosial seperti kearifan lokal bidang kesenian seperti Hadrah yang tepat karena seni harus dijaga dan dilestarikan.

Berharap semua pilar pilar sosial yang lain bisa ikut serta untuk membawa perubahan Desa Jokarto yang lebih baik lagi, untuk Karang Taruna, Tagana harus lebih proaktif di desanya, sehingga akan bersama sama untuk membuat suasana menjadi aman, nyaman dan damai," kata Rudik .
( Eko Santoso )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman