Breaking

Rabu, 23 Oktober 2019

Bupati Faida lantik 148 Kades Terpilih , Intruksikan Prioritas Pembangunan Pusat Hingga Daerah


Peduli Rakyat News | Jember,- Pada Hari Rabu 23 Oktober 2019 , Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR secara resmi melantik sebanyak 148 Kepala Desa (Kades) terpilih di Gedung Balai Serbaguna Kaliwates Jember .

Dalam kesempatan itu Bupati Faida mengatakan , pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah desa harus sinergis dengan pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah daerah hingga pemerintah pusat . Pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah desa yang bersumber dari pusat dan kabupaten yaitu Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Anggaran tersebut penggunaan nya juga memuat prioritas pembangunan . Seperti desa wisata , yang menjadi salah satu prioritas pembangunan oleh pemerintah pusat dan daerah .

Dalam hal ini , Pemerintah Kabupaten Jember akan menyinergikan program prioritas ini dengan pemerintah desa . Untuk itu , pemerintah akan membuat kajian masterplan wisata kabupaten .

“ Dari kajian wisata itu ada potensi-potensi desa yang akan kami sampaikan kepada kepala desa untuk dijadikan suatu program unggulan di desa tersebut , ” ungkap Bupati Faida .

Bupati Faida menyebutkan , dalam sinergi mewujudkan desa wisata tersebut , perlunya kolaborasi pembangunan infrastruktur .

Dalam penerapannya , kolaborasi tersebut juga diperlukan dalam pengelolaan desa wisata tersebut . Dan terkait hal itu ,  Bupati Faida berharap peran masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat .

Bupati Faida terkait pelantikan kades terpilih menjelaskan bahwa kades terpilih sebanyak 161 orang , yang sebelumnya telah dipilih dalam Pilkades serentak pada September lalu . " Dalam pelantikan kali ini untuk 148 orang . Sisanya sebanyak 13 orang akan dilantik sekitar bulan Desember 2019 , karena habis masa periode pada bulan tersebut  , " ungkap nya .

Bupati Faida  Kepada para kepala desa yang telah dilantik berpesan agar tidak telalu lama merayakan eforia kemenangan . Sebaliknya , Bupati berharap para kades segera menjalankan tugasnya .

Setelah dilantik , para kades ini akan menjalani bimbingan teknis (Bimtek) . Meskipun ada kades yang terpilih untuk periode kedua dan ketiga , Bimtek ini penting untuk pemahaman tugas dan kewajiban , serta jalinan sinergi dengan pimpinan daerah .

“ Forkopimda mendampingi , supaya tahu masalah-masalah yang dihadapi akan dibawa kemana , dikonsultasikan kemana dan minta tolong kepada siapa . Sinergitas ini akan membuat pembangunan Jember menjadi lebih cepat dan lebih baik , ” ungkap Bupati Faida .

Bupati Faida juga berpesan agar pembangunan di desa tidak tebang pilih berdasar kelompok atau golongan tertentu . Pembangunan yang dijalankan kepala desa untuk semua warga desa .

Bupati Faida terkait tuntutan hukum soal Pilkades menghargai langkah tersebut . Bupati menegaskan hal itu adalah hak masing-masing warga negara untuk melakukan menempuh jalur hukum .

" Selama proses hukum tetap berjalan , kepala desa yang dilantik pun tetap menjalankan tugasnya sesuai amanah , " pungkas Bupati Faida .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman