Breaking

Jumat, 04 Oktober 2019

Bupati Faida Fasilitasi Proses Penjemputan Ratusan Pengungsi Wamena Asal Jember



Peduli Rakyat News | Jember,-Menindaklanjuti informasi terkait pengunsi Wanena Jayapura asal Jember , Bupati Jember Dr. Faida MMR memberikan keterangan bahwa Pemerintah Kabupaten Jember telah menyiapkan fasilitas proses penjemputan bagi para pengungsi tersebut .

“ Hari ini kita sudah dapatkan info ada 135 pemulangan pengungsi , 7 diantaranya asal Jember . Kita kordinasi dengan Dinsosprov Jatim untuk mensiagakan pelopor relawan Dinsos untuk penjemputan ,  " kata Bupati Faida kepada media saat dirinya masih berada di Korea ,  Kamis  03 Oktober 2019 .

Bupati Faida  menjelaskan relawan dari Jember ada 2 orang di Bakorwil Jatim untuk siaga bila masih ada warga Jember berada dalam rombongan pengungsi Wamena Jayapura .

“ Pengungsi sudah dievakuasi oleh pemerintah dengan pesawat hercules, dan sudah mendarat. Yang sudah teridentifikasi warga Jember ada 7 terdiri 1 warga dari Kaliwining Rambipuji dan 6 warga dari Gumukmas,” ujarnya.

Dari pihak Pemerintah Kabupaten Jember juga segera melakukan penjemputan pengungsi ini , selanjutnya akan melakukan cek pendataan apa mereka ada yang sekolah atau kuliah . Dan juga termasuk mendata adminduk , keluarga maupun keanggotaan BPJS .

Mereka (pengungsi) ini akan menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Jember sebagai bentuk komitmen penanganan sosial masyarakat .

Perlu juga diketahui bersama , untuk sebelumnya kerusuhan yang terjadi dwilayah Wamena , Papua , memaksa warga Jawa Timur  yang telah tinggal di wilayah terdampak itu , mengungsi pulang ke kampung halamannya masing-masing karena situasi rawan .

Untuk gelombang pertama , para pengungsi ini diangkut menggunakan pesawat C 130 hercules dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang . Mereka tiba di Lanud Abdulrachman Saleh Malang , pada Rabu (2/10/2019) , sekitar pukul 14.50 WIB .

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Komandan Lanud Abdulrahman Saleh Malang , Marsma TNI Helsy Paat menyambut langsung sebanyak 120 pengungsi dari berbagai daerah di Jatim termasuk Jember tersebut . (Nunung Irawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman