Breaking

Jumat, 27 September 2019

Wabup Hadiri Puncak Peringatan BBGRM Ke - XVI


PedulirakyatNews Lumajang -  Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., membuka Puncak Peringatan  Bulan  Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke - 47, di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Rabu (25/09/19).

Dalam sambutannya, Wanita yang populer dengan sapaan Bunda Indah itu, mengungkapkan, peringatan BBGRM merupakan sebagai wahana untuk mengingatkan dan menanamkan kembali kepada seluruh masyarakat, akan arti penting dan manfaat budaya Gotong-Royong di dalam kehidupan bermasyarakat.

"Sekarang mungkin masih ada (Gotong Royong), tapi tidak sampai selesai,  hanya tiga hari gotong royong bareng terus ditinggal, dan membayar tukang. Mudah - mudahan ini bisa menjadikan semangat kita bersama mengembalikan sikap Budaya Gotong Royong di masyarakat," terangnya.

Ia menilai, momentum tersebut memiliki kedudukan yang cukup penting, terutama dalam mendorong dan meningkatkan kepedulian serta peran aktif masyarakat untuk terus membudayakan dan melestarikan semangat gotong royong yang telah menjadi jati diri, karakter serta ciri khas masyarakat.

Untuk itu, Bunda Indah mengajak seluruh masyarakat Lumajang untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong, yang merupakan budaya Bangsa Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang,  Syamsul Arifin, SP, MM., Melaporkan, Pelaksanaan BBGRM dan Hari Kesatuan Gerak PKK itu, diawali dengan beberapa kegiatan, mulai dari kegiatan di tingkat masyarakat sampai dengan kegiatan lomba.

Adapun pemenang lomba tingkat gotong royong terbaik tingkat Kabupaten 2019, diantaranya yaitu, juara 1 diraih oleh Desa Tempeh Tengah, juara 2 diraih oleh Desa Sidomulyo, juara 3 diraih oleh Desa Kaliuling, harapan 1 diraih oleh Desa Sukorejo dan harapan 2 diraih oleh Desa Blukon.

Pemenang lomba  Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten 2019, diantaranya, juara 1 diraih oleh Desa Kraton, juara 2 diraih oleh Desa Gesang, juara 3 diraih oleh Desa Rojopolo, harapan 1 diraih oleh Desa Sumbersari, harapan 2 diraih oleh Desa Wonorejo.

Pemenang lomba Pasar Desa tingkat Kabupaten 2019, diantaranya, juara 1 diraih oleh, Pasar Desa Denok, juara 2 diraih oleh pasar Desa Tempursari, juara 3 diraih oleh Pasar Desa Pasrujambe, harapan 1 diraih oleh Pasar Desa Sumberurip, harapan 2 diraih oleh Pasar Desa Sidorejo.

Pemenang lomba Cipta Inovasi Teknologi Tepat Guna tingkat Kabupaten 2019, diantaranya,
Dalam Kategori pelajar, juara 1 diraih oleh MAN Lumajang, juara 2 diraih oleh SMAN 1 Yosowilangun, juara 3 diraih oleh SMK 1 Lumajang, juara 4 diraih oleh SMAN 1 Jatiroto.

Kategori umum, juara 1 diraih oleh Yupianto (Nogosari Persil), juara 2 diraih oleh Rizki Mendung Ariefianto Nur Ikhsan (Gunung Sawur, Sumberwuluh), Mohammad Imron Mashudi (Labruk Lor), juara 4 diraih oleh David Bayu Prasetyo Budi (Lempeni, Tempeh).

Pemenang lomba BUMdes tingkat Kabupaten 2019, diantaranya, juara 1 diraih oleh BUMdes Wiraraja, Desa Wonorejo, juara 2 diraih oleh BUMdes Labruk Lor, juara 3 BUMdes Sekarjati, Desa Denok, harapan 1 BUMdes Sinar Jaya, Desa Karanganyar, harapan 2 diraih oleh Semeru Lestari, Desa Pasrujambe.

Acara tersebut, melibatkan kurang lebih 1200 orang, terdiri dari kepala OPD, Camat, Kepala Puskesmas, Ketua TP PKK Kabupaten Kecamatan dan Desa, ketua LKMD, DPD, Kepala Desa, Lurah se - Kabupaten Lumajang serta beberapa undangan lainnya. ( Eko )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman