Breaking

Senin, 16 September 2019

Tertarik Dengan Reformasi Birokrasi Pemkab Jember , Pemkab Bandung Belajar Penyusunan SKJ ke Jember



Peduli Rakyat News | Jember,- Dalam melakukan reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jember mendapat perhatian pemerintah daerah lainnya . Salah satunya , Pemerintah Kabupaten Bandung yang melakukan studi banding pada Kamis , 05 September 2019 .
Drs . H . Yudi Abdurrahman , M.Si , selaku Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Bandung memimpin Rombongan dari Kabupaten Bandung tersebut .

Kedatangan rombongan tersebut disambut oleh Drs . Soeprapto , MM sebagai Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Kabupaten Jember . Selanjutnya penyambutan yang dilanjutkan dengan dialog berlangsung di aula bawah Pemkab Jember .

Yudi Abdurrahman pada awal pertemuan menyampaikan tujuan kunjungan studi banding ke Kabupaten Jember .

“ Maksud kami kesini semata-mata menyerap apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jember , khususnya berkaitan dengan penyusunan standar kompetensi jabatan (SKJ) , ” terang Yudi Abdurrahman .

Pilihan untuk studi banding ke Kabupaten Jember karena mendapatkan rekomendasi dari Kementerian PAN dan RB . Sebenarnya ada tiga kabupaten dan kota yang disampaikan Kemenpan RB sebagai tujuan studi banding , Namun , pilihan jatuh ke Kabupaten Jember .

Soeprapto dalam merespon penyampaian Yudi Abdurrahman , mengatakan bahwa reformasi birokrasi merupakan tuntutan yang disampaikan rakyat sejak bergulirnya era reformasi tahun 1998 .

Salah satu bentuk reformasi itu adalah SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) . “ Dua tahun ini kami berkutat dengan SAKIP , ” tutur Soeprapto .

Pemerintah berusaha mewujudkan birokrasi yang bersih , akuntabel dan efesien , yang memiliki jiwa pelayanan . Reformasi pun dilaksanakan ,  termasuk sumber daya manusianya .

Soprapto menuturkan , pemenuhan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) termasuk dalam reformasi SDM aparatur .

“ Kabupaten Jember sudah melaksanakan ,  namun masih pada tataran SKJ pada Jabatan Tinggi Pratama , ” ungkap Soeprapto .

Soeprapto melanjutkan , untuk penerapan SKJ untuk jajaran di bawah Jabatan Tinggi Pratama  , belum terlaksana . Namun masih terus diupayakan untuk memenuhi SKJ .

Pada kesempatan itu juga  Soeprapto juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR akan kembali menggelar seleksi terbuka jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman