Breaking

Senin, 16 September 2019

Hasil Monitoring Pilkades Dari Sejumlah Desa , Persiapan Panitia Pilkades Serentak Tahap Pertama Sudah Baik


Peduli Rakyat News | Jember,- Drs. Mohammad Djamil , MSi , asisten Pemerintahan Sekda Jember , menilai persiapan yang dilakukan oleh panitia Pilkades sudah baik . Hal ini disampaikan oleh Mohammad Djamil usai melakukan monitoring Pilkades di sejumlah desa , Kamis , 05 September 2019 .

Mohammad Djamil berada di tim kedua untuk melakukan monitoring pelaksanaan pilkades serentak tahap pertama . Pejabat OPD dan instansi lain juga masuk dalam tim monitoring .j Dirinya juga menyatakan bahwa monitoring ini dilakukan untuk memastikan situasi dan kondisi aman terkendali .

“ Kami mengadakan monitoring bersama beberapa instansi terkait dari Pemerintah Kabupaten Jember bersama jajaran Polres juga Kodim untuk memastikan situasi pelaksanaan pilkades , baik sisi penyelenggaraan dan logistiknya , " terang Mohammad Djamil .

Dari monitoring yang dilakukan ini , tingkat kehadiran pemilih cukup bagus . “ Ini menunjukkan bahwa pilkades berjalan lancar , dan semoga berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan , "  harap Mohammad Djamil .

Selain memonitor jalannya pemilihan , tim dua juga menyapa dan berjabat tangan dengan para calon kepala desa yang berada di panggung .

Dalam kesempatan yang sama , Slamet Sugianto , SH , MSi selaku Plt. Kabag Hukum Sekretariat Kabupaten Jember , menyampaikan  situasi di lapangan menunjukkan pilkades berjalan lancar . Logistik pilkades juga tidak ada kendala .

“ Tahapan-tahapan yang dilakukan oleh panitia dan pemilih berjalan sesuai dengan peraturan yang ada , ” terang Slamet

Slamet melanjutkan , dalam upaya agar masyarakat mendapat akses yang mudah menuju lokasi pemilihan , setiap desa dan setiap kecamatan telah menyediakan kendaraan untuk antar – jemput warga , baik motor atau mobil .

Mochamad Suryadi , MSi , sebagai Camat Jelbuk dalam kesempatan itu menyampaikan , kondusifitas Pilkades dapat terwujud atas doa bersama masyarakat .

“ Kami bekerjasama dengan semua pihak termasuk calon kades untuk mengondisikan wilayah . Semoga  penyelenggaraan sukses dan masyarakatnya aman terkendali , " harap Suryadi .

Pada tempat pemilihan kepala desa ini terdapat juga pelayanan khusus bagi lansia , ibu hamil dan disabilitas . Pelayanan ini ditemukan di beberapa lokasi pemilihan kades .

Drs. Syahidin MSi selaku Ketua Panitia Pilkades Desa Candijati, Kecamatan Arjasa menyatakan , bagi pemilih yang tuna netra , maka didampingi saudara atau ahli waris untuk ikut ke dalam bilik .

“ Sehingga , pemilih bisa menyampaikan pilihannya nomor berapa , yang kemudian nyoblosnya diwakili ahli waris itu , ” terang Syahidin .

Sesuai Peraturan Bupati nomor 41 tahun 2019 tepat pukul delapan pagi dilaksanakan pemilihan . Pemungutan suara  ditutup tepat pukul dua siang . “ Kondisinya lancar , semua berjalan baik tidak ada kendala begitu juga dengan logistik , "  ungkap Syahidin .

Ada sebanyak tiga Kecamatan dengan beberapa desa yang dikunjungi oleh tim dua yaitu , Kecamatan Arjasa dengan jumlah total 23 calon yang terdiri dari 22 laki-laki dan 1 perempuan dan total DPT 30.321 .

Kecamatan Jelbuk di Desa Jelbuk dan Desa Sukowiryo dengan jumlah total 19 calon yang terdiri dari 17 laki-laki dan 2 perempuan dan total DPT 21.722 .

Untuk Kecamatan Kalisat dengan empat desa yaitu ,  Desa Kalisat , Desa Sukereno , Desa Ajung dan Desa Sebanen dengan jumlah total 40 calon yang terdiri dari 35 laki-laki dan 5 perempuan dan total DPT 48.683 .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman