Breaking

Minggu, 15 September 2019

Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa Digelar Pemkab Jember


Peduli Rakyat News | Jember,- Bertempat di Aula PB Sudirman Pemerintah Kabupaten Jember , Deklarasi damai pemilihan kepala desa dilakukan , senin 02 September 2019 . Dalam kesempatan itu , Bupati Jember dr. Hj. Faida , MMR menegaskan bahwa proses pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Jember merupakan bagian dari upaya menyejahterakan masyarakat .

“ Bagaimanapun proses ini sejatinya adalah proses untuk menyejahterakan masyarakat melalui satu pesta demokrasi yang harus berjalan aman dan damai , ” kata Bupati Faida dalam sambutan deklarasi damai pemilihan kepala desa itu .

Pilkades serentak yang dilaksanakan dalam empat tahap di 161 desa yang berada di 28 kecamatan akan berlangsung di bulan September ini .

Untuk saat ini telah memasuki masa tenang hingga pelaksanaan pemungutan suara tahap pertama pada tanggal 5 September 2019 . Bupati Faida melanjutkan , karena sebagai bagian upaya menyejahterakan , pelaksanaan Pilkades serentak ini harus berjalan damai dan lancar .

“ Kita orang-orang yang beriman , percaya bahwa semua yang terpilih adalah yang ditakdirkan Allah SWT , semuanya harus siap menang dan siap kalah , ” ujar Bupati Faida .

Bupati Faida juga menyampaikan , apabila ada perselisihan , dirinya meminta untuk menyelesaikan sesuai mekanisme . " Dan juga sebaiknya untuk tidak membuat-buat perselisihan dalam pelaksanaannya ," ujarnya .

Dalam kesempatan itu juga , Bupati Faida juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Jember melakukan pendampingan untuk pelaksanaan pilkades serentak .

Dandim 0824 Jember Letkol Inf. Laode Muhammad Nurdin, S.Sos, M.I.Pol dalam kesempatan itu mengatakan , pihak TNI dan Polri telah menyiapkan satuan pengamanan untuk pelaksanaan Pilkades serentak di beberapa titik .

“ Diantaranya titik rawan atau mungkin tidak rawan, dan titik-titik yang sudah kondusif , ” terang Dandim Laode . Pembagian personil keamanan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing satuan yang ada .

Dandim Laode pun mengajak semua masyarakat , khususnya peserta pilkades , untuk menciptakan rasa aman dan damai di semua wilayah agar pikades berlangsung kondusif .

Dalam kesempatan itu juga , Dr Edi Budi Susilo ,MSi selaku Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat melaporkan perkembangan tahapan pilkades .

Edi Susilo menyatakan telah melaksanakan 12 tahapan dari 17 tahapan , mulai dari pembentukan panitia , sosialisasi , sampai dengan kampanye visi dan misi calon kades .

“ Kemudian , tahapan pilkades saat ini memasuki masa tenang selama 3 hari sampai dengan pemungutan dan perhitungan suara tahap satu pada tanggal 5 September 2019 , ” jelas Edi Susilo .

Edi Susilo mengatakan , Deklarasi damai ini adalah bertujuan agar penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2019 dapat berlangsung damai , aman , tertib dan demokratis .

Di dalam pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Jember dibagi menjadi 4 tahap . Tahap pertama diikuti 45 desa di kecamatan wilayah utara dan timur Kabupaten Jember . Tahap kedua diikuti oleh 37 desa di 6 kecamatan wilayah selatan Jember .

Untuk tahap ketiga diikuti oleh 40 desa di 7 kecamatan wilayah barat Jember dan terakhir tahap keempat diikuti oleh 39 desa di 8 kecamatan wilayah tengah Kabupaten Jember .

Dalam pelaksanaan kegiatan deklarasi damai ini diikuti 508 calon kades , panitia Pilkades , BPD dan Camat dari 28 kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades ini . Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa , mengeluarkan catatan terdapat 1.117.694 pemilih dalam Pilkades serenta ini .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman