Breaking

Rabu, 07 Agustus 2019

Pemkab Jember Gandeng Tim Pukat UGM " Gelar Sosialisasi Program Pencegahan Korupsi Bidang Kepegawaian Dan Inovasi Layanan Kepegawaian ,,


Peduli Rakyat News | Jember,-  Bertempat di Pendapa Wahyawibayagraha , Senin 05 Agustus 2019 , Pemerintah Kabupaten Jember bersama Tim Pukat UGM menggelar Sosialisasi Program Pencegahan Korupsi Bidang Kepegawaian dan Inovasi Layanan Kepegawaian .

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR , dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini fokus pada perbaikan layanan kepegawaian di Pemerintah Kabupaten Jember untuk satu perubahan yang efektif .

“ Ada satu kajian akademik yang  objektif . Belajar dari pengalaman , perubahan reformasi birokrasi harus berbasis satu kajian akademik sehingga perubahan menjadi efektif , ” terang Bupati Faida .

Bupati Faida pun berharap , Pemerintah Kabupaten Jember harus menjadi satu layanan publik seperti yang diinginkan masyarakat , yakni lebih cepat , simpel , murah , tidak berbelit-belit dan transparan .

Bupati Faida menjelaskan , oleh karena itu fokus pada tahap awal adalah perbaikan administrasi kepegawaian . Hal ini menjadi fokus agar aparatur sipil negara tidak sibuk dengan pengurusan administrasi kepegawaiannya sendiri .

Waktu mereka juga tidak habis untuk mengurusi administrasi ini , serta semestinya sudah bisa terlayani dengan mudah . “ Juga supaya pegawai dapat konsentrasi pada layanan publik , ” jlentreh Bupati Faida .

Bupati Faida menjelaskan , dipilihnya layanan kepegawaian untuk dibenahi , karena pegawai melayani publik . Apabila layanan kepegawaian untuk mereka sendiri berbelit-belit , maka yang lain tidak akan maksimal .

“ Inilah yang sedang diupayakan Pemerintah Kabupaten Jember , " ungkap Bupati Faida .

Bupati Faida di akhir sambutannya menyampaikan informasi ada agenda kerja KPK yang akan berkunjung ke Jember . Kunjungan ini juga , sebagai dukungan konkret dari KPK .

“ KPK bukan hanya bagian OTT saja , tetapi ada bagian pencegahan korupsi , ” jelas Bupati Faida .
Bupati Faida juga menyampaikan apresiasinya terkait hal itu , apalagi Jember berkesempatan menjadi mitra KPK . Kunjungan ini diharapkan memberikan sosialisasi program pencegahan antikorupsi di Kabupaten Jember .

Selepas sambutan dari Bupati Faida , acara Sosialisasi Program Pencegahan Korupsi Bidang Kepegawaian dan Inovasi Layanan Kepegawaian dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Hasrul Halili,S.H,.M.A., Dosen Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada .

Pada acara itu , beberapa narasumber yang hadir yaitu Ketua Pusat Kajian Anti-Korupsi (PUKAT) FH UGM Dr.Oce Madril, SH., M.A., Dosen Fakultas Hukum Universitas Udayana Dr. Jimmy Z. Usfunan, S.H . Selanjutnya , Direktur Pusat Studi Konstitusional (PUSaKo) Fakultas Hukum Universitas Andalas Feri Amsari, S.H,. LL.M., dan Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Tama S. Langkun, S.H .

Feri Alamsari pada kesempatan ini mengatakan , sejatinya kehadiran para narasumber ini untuk membantu Kabupaten Jember lebih baik lagi , utamanya dalam layanan kepegawaian .

“ Bahkan KPK akan hadir di Jember untuk berdiskusi bagaimana membangun pelayanan publik Pemerintah Kabupaten yang baik , ” ujar Feri Alamsari .

Feri Alamsari juga menjelaskan bahwa hal yang paling penting dalam meningkatkan pelayanan publik yakni dengan cara meningkatkan kesejahteraan para pelayan publik yaitu para pegawai .

Kesejahteraan itu berimbang , tidak berlebihan . Seluruh hak-hak dasar terlayani . “ Jadi , tidak mungkin pelayanan publik itu meningkat jika para pelayan tidak sejahtera , ” kata Feri Alamsari .

Pada kesempatan juga itu Oce Madril mengatakan bahwa tantangan besar kedepan Pukapsi yakni melakukan berbagai macam agenda pembenahan-pembenahan dan membuat inovasi layanan publik .

Menurut Oce Madril , pada tahun belakangan ini birokrasi dituntut untuk lebih mendekatkan diri pada ide ide Inovasi . “ Agar birokrasi bisa dilakukan secara efektif , supaya masyarakat bisa menikmati hasilnya , ” katanya .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman