Mulai Tahun 2019 Ini , Pemkab Jember Gunakan Besek Bambu Untuk Bungkus Daging Qurban


Peduli Rakyat News | Jember,- Pemerintah Kabupaten Jember pada tahun 2019 ini , menggunakan besek bambu sebagai bungkus daging qurban sebagai langkah ramah lingkungan .

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR , terkait hal tersebut menjelaskan biasanya dalam pemotongan hewan qurban banyak menggunakan kantong plastik atau kresek .

“ Kali ini dicoba dengan menggunakan besek bambu yang ramah lingkungan , ” terang Bupati Faida usai sholat Idul Adha di Masjid Jami’ Al Baitul Amin Jember , Minggu 11 Agustus 2019 .

Besek bambu yang digunakan merupakan produksi UMKM dari Kecamatan Tanggul . “ Kemarin pesan tiga ribu , sehingga bisa memberdayakan ekonomi kerakyatan di Jember , ” ungkap Bupati Faida .

Bupati Faida saat diwawancarai sejumlah  wartawan yang ada , dalam kesempatan itu juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik atau kresek, utamanya kresek hitam .

Bupati Faida mengatakan bahwa kresek warna hitam mengandung zat karsinogen . “ Kami harapkan tidak ada lagi yang menggunakan tas kresek hitam untuk qurban maupun bungkus makanan lainnya ,” harapnya .

Untuk hewan qurban tahun ini yang diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember sebanyak lima ekor sapi . Berat rata-rata sapi tersebut 5 – 6 kwintal .

Sapi-sapi itu diserahkan ke Takmir Majid Al Baitul Amin , Kepala Lapas Klas II A Jember dan Ponpes AL Falah di Kecamatan Silo . Masing-masing satu ekor sapi dan dua ekor sapi lainnya diserahkan ke Sekretariat Pemkab Jember .

Selain mendapatkan hewan qurban , masing-masing panitia penyembelihan hewan qurban mendapatkan besek bambu  . “S emua akan dibagikan ke warga atau masyarakat sekitarnya , " terang Bupati Faida .

Bupati Faida mengatakan bahwa berqurban tidak mengurangi apapun dari diri kita , tetapi justru menambah satu amalan ibadah yang barokah .

Bupati Faida juga menyampaikan bahwa keteladanan yang dapat dijadikan contoh adalah Nabi Ibrahim Alaihis Salam mengorbankan anaknya .

“ Sedangkan kita hanya berqurban sapi atau kambing. Bahkan banyak orang ganti mobil untuk hari raya tapi tidak berqurban , ” ujarnya .

Semangat dalam berqurban sangat penting . Banyak contoh untuk semangat berqurban ini . “ Banyak contoh dari warga yang ekonominya pas-pasan tetapi mereka tetap menjalankan perintah agama dengan berqurban , ” pungkas bupati .

(Nu2g)

Posting Komentar

0 Komentar