Breaking

Minggu, 04 Agustus 2019

Menyemarakan HUT RI Ke 74 Desa.Kedungsalam Gelar Festival Barong


Peduli Rakyat News | Malang,- Polsek Donomulyo Bhabinkamtibmas Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo, Bripka Murbito Bhabinkamtibmas Desa Kedungsalam  menghadiri Festival Barong  yang diselenggarakan di lapangan Ndawung Desa.Kedungsalam   Sabtu (03/08/2019).

Pada kesempatan tersebut, Bripka Murbito memberikan apresiasi kepada para Peserta Festival Barong, yang terus mengangkat tradisi budaya jawa menjadi sebuah atraksi yang menarik.

Sebagai informasi, Barong  adalah sebuah ritual tolak bala yang dilakukan di Desa Kedungsalam setiap tahunnya. Konon, sejarah tradisi Barong  dimulai pada jaman Nenek Moyang.

Salah seorang sesepuh Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo  mendapat petunjuk, meminta petunjuk, agar warga diminta melakukan Festival  Barong sebagai bentuk tolak bala. Ritual tersebut pun dilakukan secara turun-temurun. Supaya Desa Kedungsalam Tetap tentram adem ayem guyup Rukun.

Festival Barong ini ditandai dengan permainan musik Gamelan oleh para sesepuh di lapangan Ndawung Desa Kedungsalam. Lalu, Barong diarak keliling lapangan sambil diiringi nyanyian doa berbahasa Jawa. Nyanyian tersebut merupakan doa memohon keselamatan.

Festival Barong yang di milai pada Pukul 14.00 sampai dengan Pukul 22.00 wib. Dalam Rangka Memperingati HUT RI yang Ke 74.

Bripka Murbito mengatakan, kegiatan ini harus dilestarikan karena merupakan salah satu Budaya Jawa peninggalan Nenekmoyang kita pungkasnya.

Festival Barong, selain sebagai daya tarik budaya juga untuk menjaga kerukunan masyarakat sekitar Desa.Kedungsalam.(rtr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman