Breaking

Jumat, 05 Juli 2019

Pemkab Jember Gelar Tasyakuran Nganyari Pasar


Peduli Rakyat News | Jember,-  Pemerintah Kabupaten Jember merenovasi pasar tradisional pada tahun 2018 memberikan berkah tersendiri bagi pedagang lesehan . Sebab , kini mereka mendapatkan lapak secara gratis . Ada sejumlah pedagang yang sebelumnya sama sekali tidak ada lapak , berjualan di tanah dengan tempat ala kadarnya , ungkap Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, Kamis, 4 Juli 2019 , di aula PB Soedirman Pemkab Jember . Kini mereka mendapatkan lapak jualan yang tak kalah dengan pasar modern .

Anggaran yang digunakan untuk renovasi pasar pada tahun 2018 mencapai hampir Rp. 100 miliar . Dana untuk 12 pasar tradisional itu berasal dari APBD Kabupaten Jember .
Dari 12 pasar yang direnovasi , tiga pasar telah dimanfaatkan oleh pedagang . Sedang dalam acara Tasyakuran Nganyari Pasar kali ini ada delapan pasar yang sudah bisa dimanfaatkan pedagang , dengan lebih 800 pedagang .

Sementara satu pasar masih dalam penanganan Kejaksaan Negeri Jember , Bupati Faida pun menegaskan apabila ada pungli agar segera diungkap . Tidak ada pedagang yang dibebani biaya untuk renovasi . Pedagang cukup mengurus perijinan untuk peminjaman untuk berdagang dan membayar retribusi sesuai Perda yang berlaku , terang Bupati Faida .

Bupati Faida menjelaskan , untuk semua pihak diminta untuk melaporkan apabila mendapati penyelewengan atas pemakaian lapak di pasar tradisional tersebut .

Bupati Faida menegaskan , lapak yang disediakan tidak untuk diperjualbelikan , termasuk kelebihan lapak yang saat ini masih diatur peruntukannya .

Bahrul sebagai ketua Paguyuban Pedagang Pasar Tegal Besar kepada sejumlah wartawan mengungkapkan rasa senangnya karena kini bisa menggunakan lapak baru . Semuanya merasa bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jember yang telah melaksanakan revitalisasi pasar , katanya .

Bahrul menambahkan , selama pembangunan pasar , ujar pedagang yang telah berjualan 18 tahun , semua pedagang berjualan di tempat relokasi yang berada di belakang pasar .
Dengan pasar baru ini , katanya , tidak kalah dengan pasar modern . Semuanya gratis , kata Bahrul .

(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman