Pemkab Jember Ajak Komunitas Keluarga Besar Lansia Jember dan IIDI Jember Membantu Lansia di Kabupaten Jember


Peduli Rakyat News | Jember,-  Di dalam acara Halal Bihalal keluarga besar lansia dan IIDI Cabang Jember , Pemerintah Kabupaten Jember mengajak komunitas keluarga besar lansia Jember dan Ikatan Isteri Dokter Indonesia (IIDI) cabang Jember menjadi kepanjangan tangan Bupati dalam membantu lansia di Kabupaten Jember .

Ajakan ini disampaikan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR di kediaman ibunda Bupati Jember, Widad Mustahar, Kamis, 11 Juni 2019, jl. Panjaitan Sumbersari Jember .

" Ibu-ibu di komunitas ini kan banyak temannya . Saya mengajak ibu-ibu untuk menjadi kepanjangan tangan bupati dalam membantu sesama lansia , " tutur Bupati Faida .

Membantu lansia yang perlu mendapat perhatian . " Perhatian itu tidak selalu membagi harta atau uang , tetapi perhatian juga berupa akses informasi serta kepedulian terhadap sesama , " Bupati Faida .

Menurut Bupati Faida , komunitas hanya perlu menginformasikan program pemerintah kepada lansia . Bupati juga akan menugaskan resmi lansia di komunitas ini untuk meninjau fasilitas umum bagi lansia , supaya layak bagi lansia .

Diantara program Pemkab Jember untuk lansia ialah katering gratis bagi lansia di atas 60 tahun yang hidup sendiri atau kurang mampu . Juga BPJS Kesehatan melalui APBD Pemerintah Kabupaten Jember kepada lansia di atas 60 tahun .

" Saya buat dalam peraturan bupati , seluruh lansia yang perlu dibantu iuran BPJS-nya dibiayai oleh APBD Pemerintah Kabupaten Jember tanpa terkecuali , " jelas Bupati Faida .

Bupati Faida meyakini bahwa komunitas ini terbentuk dengan maksud dan tujuan yang benar , maka bupati ingin komunitas ini lebih bermanfaat untuk semuanya .

" Kebahagiaan yang haqiqi itu kalau bisa berguna buat orang lain dan bisa membahagiakan orang lain , " ujar Bupati Faida .

Bupati Faida melanjutkan penjelasannya , di Jember terdapat 10 persen penduduk lansia . Dari sepuluh persen itu sekitar 40 persennya adalah lansia produktif dan masih aktif . Bahkan ada yang menjadi atlit lansia berprestasi .

Bupati Faida mengatakan lansia yang mandiri bukan soal uang ataupun fisik . Tetapi , mandiri adalah tentang sikap dan mental . " Dengan arti , jika bisa dilakukan sendiri maka dilakukan , jika tidak bisa maka perlu bantuan orang lain , " katanya .

Dalam kesempatan yang sama itu , Widad Mustahar menyampaikan , halal bihalal lansia digelar untuk bersilaturrahim . Di usia yang memasuki 77 tahun itu adalah usia yang membutuhkan banyak teman , ujar Widad .

" Saya merasa , usia 77 tahun adalah usia yang istimewa . Jika jauh dengan teman-teman , nanti saya akan seorang diri , " tutur perempuan yang disapa Umi Widad ini .

Umi Widad lebih lanjut mengatakan bahwa untuk menjaga diri agar tetap sehat juga harus menjaga hubungan dengan teman . " Seseorang yang diandalkan menjadi teman itu saling membahagiakan , bukan saling merusak , " pesannya .

Umi Widad juga mengaku bersyukur atas kedatangan Bupati Jember , serta meminta kepada tamu yang hadir untuk membantu bupati untuk mencapai tujuannya sebagai pemimpin .

" Saya jarang bertemu dengan anak saya . Saya menyampaikan terima kasih dan terharu , karena sudah datang sebagai anak dan Bupati Jember.  Dan bantulah anak saya supaya bisa mencapai tujuannya sebagai pemimpin , " pungkas Umi Widad .

(Nu2g)

Posting Komentar

0 Komentar