Breaking

Senin, 22 Juli 2019

Bupati Faida Apresiasi Kejari Jember Yang Menggelar Wayang Kulit Dengan Lakon ," Wahyu Ponco Dharmo ".


Peduli Rakyat News | Jember,- Ketika menghadiri pergelaran wayang kulit untuk memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-19 , yang berlangsung di halaman kantor Kejaksaan Negeri Jember pada Minggu malam , 21 Juli 2019 . Bupati Jember dr. Hj. Faida , MMR mengapresiasi Kejaksaan Negeri Jember yang menggelar wayang kulit dengan lakon Wahyu Ponco Dharmo .

Pergelaran wayang kulit ini sesuai dengan prinsip dan kebangaan Pemkab Jember , yaitu 4C : Chocolate , Coffe , Cigarette dan Culture .

“ Saya mengapresiasi Kejaksaan Negeri Jember mengambil kegiatan melestarikan budaya yang bisa dinikmati masyarakat dan bisa membangkitkan kembali budaya. Saya senang sekali , karena Jember sendiri memang kebanggaannya 4C, salah satunya ialah culture , " kata Bupati Faida saat dia acara tersebut .

“ Kita juga kental dengan budaya Jawa , diantaranya wayang kulit . Karena bangsa yang hebat adalah bangsa yang melestarikan budaya asli bangsanya , ” lanjut Bupati Faida .

Bupati sekaligus bu dokter di Jember ini mengaku bangga akan hal ini , karena dalang yang diundang bukan dalang biasa , yaitu Ki Eddy Siswanto asal Ambulu Jember . Dalang ini sudah terkenal hingga di beberapa penjuru negeri .

“ Pak Kajari menginisiatif ini untuk membuat suatu edukasi integritas kepada masyarakat , dengan tema wayang yang bukan cuma hiburan tetapi juga sarat dengan kesan dan pesan , ” imbuh Bupati Faida .

Bupati Faida juga berharap pertunjukkan wayang kulit ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat sekaligus mengingatkan hal-hal baik .

“ Mari kita nikmati malam ini, karena malam ini adalah malam budaya , ” ajak Bupati Faida .

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jember , Bupati mengucapkan selamat kepada Kejaksaan RI . “ Semoga diberi kekuatan dan kemudahan dalam mengabdi bagi nusa dan bangsa , ” Bupati Faida .

Ponco Hartanto , SH , MH sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Jember dalam kesempatan yang sama menyampaikan , Kejaksaan Negeri Jember memberikan hiburan wayang kulit ini dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-19 .

“ Pertunjukan wayang ini hanya untuk melestarikan budaya Jawa dengan dalang lokal yang terkenal hingga ke manca negara , yaitu Ki Eddy dari Ambulu Jember . Semoga dengan pergelaran wayang kulit ini Jember semakin adem dan diberi keselamatan oleh Allah , ” harap Kajari Ponco Hartanto .

Kajari Ponco Hartanto berharap pergelaran wayang kulit ini menjadi momen semua pihak  untuk melestarikan budaya . “ Menjadi momen bagi kita semua , bahwa memang Kabupaten Jember adalah kota budaya . Jadi kita hidupkan budaya-budaya yang ada di Jember , ” tuturnya .

Kajari Ponco Hartanto juga mengajak masyarakat untuk menikmati bersama wayang kulit dengan judul Wahyu Ponco Dharmo , yang artinya petunjuk lima laku kebaikan atau dalam arti lain yaitu manusia yang mohon petunjuk untuk jalan kebaikan .

“ Kita semua wajib melestarikan budaya kita , khususnya budaya Jawa . Semua ini kita persembahkan untuk masyarakat Jember . Dan , terimakasih kepada Bupati Jember atas hadir dan bantuannya , sehingga acara berlangsung dengan baik dan lancar , ” pungkas Kajari Ponco Hartanto .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman