Breaking

Sabtu, 15 Juni 2019

Waton Parade 2019 , Tradisi Budaya Masyarakat Ambulu , Jember


Peduli Rakyat News | Jember,- Untuk melestarikan tradisi masyarakat , Pemerintah Kabupaten Jember kembali menggelar festival Pegon . Kegiatan ini dilakukan adalah untuk melestarikan tradisi masyarakat . Rencana gelaran kali ini dikemas dalam Waton Parade 2019 .

Berberapa persiapan telah dilakukan panitia guna suksesnya momen tahunan yang digelar di Kecamatan Ambulu ini , tepatnya di tempat wisata Pantai Watu Ulo .

Berada di Aula Bawah Kantor Pemerintah Kabupaten Jember , Kamis 13 Juni 2019 dalam rapat Koordinasi Kamis , Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Anas Ma’ruf mengungkap beberapa kegiatan yang akan ikut meramaikan momen menarik itu .

“Kita meriahkan dengan festival bakar ikan dan pengumuman Gus dan Ning 2019 , ” terang Anas Ma'Muf kepada sejumlah wartawan . Gus dan Ning Jember ini adalah merupakan duta wisata Kabupaten Jember .

Dalam acara festival bakar ikan , Anas Ma'ruf menjelaskan  bahwa acara ini juga terkait dengan program pemerintah dalam menggerakkan masyarakat gemar makan ikan .

Disisi lain , Waton Parade 2019 menjadi momen untuk mengikutsertakan potensi Watu Ulo sebagai wilayah pantai , dengan masyarakatnya yang bekerja sebagai nelayan .

“ Event ini untuk menggerakkan potensi ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat sekitar , ” ungkap Anas Ma'ruf . “ Sehingga acara ini betul-betul menjadi acara masyarakat , ” imbuhnya .

Di festival bakar ikan ini  , pihak panitia tidak memberikan batasan peserta . Semua lapisan masyarakat mempunyai kesempatan yang sama untuk andil sebagai peserta .

Sebanyak kurang lebih 200 kuota peserta yang disesuaikan dengan tempat bakar ikan yang disediakan . Selain tempat bakar ikan , panitia juga menyediakan peralatan lainnya seperti arang dan kipas .

Untuk lebih menyemarakkan acara tersebut , panitia menggratiskan pendaftarannya , bahkan panitia juga menyediakan dua ekor ikan beserta nasi , plus bumbu bakar ikan . Jadi , peserta langsung bisa menikmati hasil bakar ikannya .
Pendaftaran bisa dilakukan di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan , kantor Kecamatan Ambulu , serta kantor Desa Sumberejo .

Meski tidak ada pemenang dalam festival bakar ikan ini , panitia akan memberikan hadiah bagi peserta yang masuk dalam kriteria tertentu . “Seperti peserta paling heboh , nanti langsung kita beri hadiah , ” ucap Anas Ma'ruf .

Khusus terkait dengan parade Pegon , Anas Ma'ruf menjelaskan akan melibatkan mahasiswa asing yang ada di Jember untuk ikut naik Pegon . “ Nanti peserta juga wajib mengenakan pakaian adat , ” terangnya .

Gelaran Waton (Watu Ulo Pegon) Parade 2019 digelar pada 23 Juni 2019 mulai pukul 07.00 wib hingga 18.00 wib . Titik berangkat di Balai Desa Sumberrejo dan selesai di Pantai Watu Ulo .

(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman