Semarak Waton Parade 2019 , Bupati Faida Bersama Masyarakat Berkreasi Wisata



Peduli Rakyat News | Jember,- Pada acara puncak acara Waton Parade 2019 , Minggu 23 Juni 2019 , Bupati Jember dr. Hj.  Faida , MMR mengajak masyarakat menjaga situasi agar tetap damai , tertib dan aman untuk sebuah kreasi wisata .

Menurut Bupati Faida , karena tidak ada kegiatan pariwisata yang bisa dikembangkan kecuali mendasarkan situasi yang damai , tertib  dan aman buat kita semua .

Penyampaian itu disampaikan dalam Bupati Faida dalam sambutannya pada acara Waton Parade 2019 di Pantai Watu Ulo , Kecamatan Ambulu .

Sebelumnya , Bupati Faida mengawali acara tersebut dengan menaiki salah satu pegon milik peserta . Semua peserta Pegon ini juga membawa hasil bumi serta lontong , kupat dan lepet untuk dimakan bersama-sama nantinya .  Setelah turun dari Pegon , bupati mengunjungi puluhan stand-stand produk lokal yang sudah digelar oleh panitia .

Bupati sekaligus bu dokter di Jember ini pun mengajak masyarakat Jember untuk mensyukuri situasi yang damai dan tenteram yang mewarnai Bumi Pandhalungan ini .
" Kita sering tidak merasa bahwa damai itu adalah karunia yang luar biasa , " ujar Bupati Jember perempuan pertama kali ini .

Bupati Faida mengatakan bahwa dengan situasi yang damai dan aman itu , setiap orang bisa berkreasi dan bergembira . Kita bisa bergembira seperti pada pagi hari ini , " kata bupati .

Waton Parade 2019 merupakan kemasan kegiatan rutin setiap tahun usai lebaran di Pantai Watu Ulo , Ambulu ini . Acara ini berisi defile Pegon , yang merupakan modal transportasi tradisional masyarakat setempat untuk mengangkut hasil pertanian dan lainnya .

Didalam acara Waton Parade 2019 ini , ada beberapa acara yang lain yang juga menyemarakan yaitu lomba bakar Ikan , lomba mewarnai dan lomba video kreatif . Hadiah khusus sudah disediakan oleh panitia itu .

Demikian juga untuk para finalis Gus dan Ning Jember 2019 juga diumumkan pada momen wisata tahunan yang penuh keceriaan dan kegembiraan ini . Ribuan masyarakat yang datang pun sangat terhibur dengan suguhan berbagai atraksi kesenian seperti Egrang , tari kolosal , Tabutaan , Jaranan , musik gambus dan Reog .

Di acara Waton Parade 2019 ini pun pengunjung di tempat wisata kebanggaan warga Jember ini pun bisa menikmati bersama makan lontong Kupat dan Lepet secara gratis .

Di acara ini , ada gunungan lontong kupat dan lepet diarak dari pinggiran pantai hingga finis tempat acara berlangsung , setelah itu dilakukan doa bersama . Selanjutnya gunungan lontong kupat dan lepet itu menjadi rebutan pengunjung yang hadir dan selanjutnya dimakan bersama-sama .

Makan lontong kupat dan Lepet bersama ini yang sering disebut Kembul Bujono lontong kupat lepet , sebuah tradisi yang dijalani masyarakat setempat yang sudah sejak dulu .
(Nu2g)

Posting Komentar

0 Komentar