Breaking

Kamis, 09 Mei 2019

Wakil Bupati Lumajang Membuka Sarasehan Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal

Ket.foto : Wakil Bupati Lumajang saat memberikan sambutan

PeduliRakyat News - Lumajang -  Wakil Bupati Lumajang  Ir.Indah Amperawati,M.Si  membuka Serasehan Keserasian Sosial dan Kearifan lokal ,dengan Narasumber dari Tokoh Budayawan , Polres dan Dinsos Provinsi Jatim,di gedung Guru Kabupaten  Lumajang, Kamis (09/05/2019).

Wabup mengungkapkan, bahwa permasalahan kontemporer yang berkembang, adalah potensi konflik sosial, yaitu, melalui gesekan di kalangan masyarakat.

Efek Sosial tersebut sangat komplek, tidak hanya pada dimensi fisik dan psikososial, akan tetapi,chal itu juga dapat meruntuhkan nilai - nilai kesetiakawanan sosial dan kearifan sosial maupun harmoni sosial.

Bunda Indah, mengatakan, bahwa  yang sering memicu terjadinya kerawanan sosial di Kab. Lumajang yaitu, diantaranya masalah tambang pasir dan konflik sosial terkait lahan tanah. Bahkan, sampai tindak kriminalitas, seperti maling sapi dan begal.

Untuk itu, Bunda Indah berharap, dengan terselenggaranya Serasehan tersebut, dapat mencegah terjadinya konflik sosial di tingkat hulu, sehingga akan terciptanya keserasian sosial yaitu kondisi sosial yang menjamin terciptanya hubungan interaksi sosial atara warga masyarakat, yang dinamis.

Plt. kepala Dinas Sosial Kab. Lumajang, Dra Ninis Legiwinarsi melaporkan, bahwa Serasehan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan terhadap pilar-pilar kesejahteraan sosial tentang keserasian sosial dan kearifan lokal.

Narasumber dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Joko Menyampaikan bahwa Konflik Sosial jangan sampai adanya perseteruan fisik antara dua kelompok ,oleh sebab itu beliau mengapresiasi kelompok masyarakat di Lumajang selalu tanggap dalam menghadapi konflik,beliau juga menyampaikan bahwa pilar pilar sosial bisa mengajukan daerah rawan konflik dengan mengajukan desa Berketahanan dengan harapan masalah konflik dapat teratasi dengan keserasian sosial.

Peserta yang hadir dalam serasehan tersebut kurang lebih 150 orang, terdiri dari pilar pilar kesejahteraan sosial se Kabapaten Lumajang yaitu, Ketua forum Keserasian sosial, Ketua LKSA, ketua karang taruna Desa, Pekerja Sosial  Masyarakat dan Koordinator Tagana Kabupaten Lumajang.( Eko Santoso ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman