Breaking

Senin, 06 Mei 2019

Tiga Puskesmas Diantara Puluhan Puskesmas Yang Sudah di Revitalisasi , Menjadi Sasaran Kungker Bupati Faida


Ket foto : Bupati Faida saat melihat salah satu ruangan puskesmas

Peduli Rakyat News | Jember,- Tiga puskesmas yang sudah di revitalisasi diantara puluhan puskesmas lain yang  ada di Jember , menjadi sasaran kunjungan kerja Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR , Minggu 05 Mei 2019 .

Perbaikan puluhan puskesmas atau fasilitas kesehatan ini merupakan salah satu realisasi 22 Janji Kerja Bupati  Wakil Bupati yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 . Realisasi revitalisasi itu untuk 27 puskesmas dari 50 puskesmas di Jember . Sementara sisanya sebanyak 23 puskesmas akan dituntaskan pada tahun ini .

Bupati Faida memberikan salah satu contoh di Puskesmas Jenggawah , yang menjadi lokasi pertama kunjungan kerja bupati . Bangunan yang lama dirombak total , ditata ulang , sehingga seluruh standar fasilitas puskesmas kecamatan sudah terealisasi . Kamar rawat inap , alur emergency dan UGD sudah sesuai standar , terangnya .

Bupati Faida menjelaskan bahwa ada beberapa evaluasi pascahuni . Diantaranya ada di rem , belum ada relnya , belum ada paving dan belum ada garasi untuk ambulans dan mobil jenazah .
Pada tahun 2018 dianggarkan Rp. 127 milyar untuk revitalisasi puskesmas , termasuk Pustu dan Polides .

Untuk tahun 2019 ini , kembali diluncurkan kurang lebih Rp. 93 milyar untuk menyelesaikan fasilitas yang belum diperbaiki . " Semua fasilitas umum bernuansa merah putih, karena memang fasilitas umum dan untuk semua kalangan, juga sebagai bentuk semangat nasionalisme," tutur Bupati Faida .

Kembali Bupati Faida menjelaskan  bahwa revitalisasi alat kesehatan ini juga untuk memberikan pilihan kepada masyarakat . Bupati Faida menginginkan fasilitas kesehatan pemerintah menjadi pilihan utama masyarakat Jember , utamanya di pelosok-pelosok daerah .
Untuk hal itu perbaikan fasilitas kesehatan mendapat prioritas . Perbaikan ini diimbangi dengan perbaikan SDM , manajemen , serta fasilitas di dalamnya . Upaya perbaikan itu juga terbukti dengan adanya 1 Desa 1 Ambulans , akses yang mudah ke Puskesmas dan kereta jenazah , jelas bupati . 

Bupati Faida mengungkapkan , pengelolaan Puskesmas juga melibatkan OPD lainnya . Seperti sinergi dengan Dinas PU Perumahan Rakyat , Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Jember  untuk urusan kebersihan bangunan maupun evaluasi pasca huni .

"Karena urusan puskesmas tidak hanya diurusi Dinas Kesehatan saja , contohnya bangunan bertingkat , tidak mungkin orang puskesmas mengurusi pemeliharaannya  dan pembersihannya ," pungkas Bupati Faida .
Nu2g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman