Breaking

Selasa, 02 April 2019

USBN 2019 Kabupaten Jember Sesuai SOP



Peduli Rakyat News | Jember,- Pada hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk SMP negeri , terbuka dan swasta  , Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Dr. H. Edy Budi Susilo, M.Si., meninjau langsung pelaksanaan USBN 2019 di Kabupaten Jember .

Dalam kunjungannya itu , terdapat empat sekolah yang dikunjungi secara acak yaitu SMP 1 Arjasa , SMPN 13 Jember , SMPN 6 Jember , dan SMPN 3 Jember . Edy menyatakan ,"Dari yang saya lihat , semua sudah melaksanakan SOP yang diberikan," ujarnya pada Senin siang , 1 April 2019 usai kegiatan tersebut .

Menurut Edy , kesesuaian dengan Standard Operasional Prosedur (SOP) itu dari sisi kepesertaan , kehadiran peserta dan pengawasan secara silang yang dilaksanakan di sub rayon . Dari mekanisme pengambilan , pendistribusian soal dari Diknas , ke sub rayon hingga ke sekolah juga berjalan sesuai prosedur , ujarnya .

Pada hari pertama USBN ini , terdapat pelajar dari SMP 1 Arjasa yang sakit dan harus menjalani ujian di ruang UKS yang dijaga oleh satu guru . Ada juga satu pelajar SMPN 3 Jember yang opname . "Jadi mereka ini akan diagendakan ujian susulan , Selebihnya berjalan baik, tertib, lancar sesuai dengan SOP," tegas Edy .

Edy melanjutkan bahwa setelah USBN ini  selesai , akan diberikan kesempatan kepada siswa yang pada tanggal 6 - 7 April tidak hadir , dengan berbagai alasan seperti mengikuti ujian penerimaan di SMA Taruna Nusantara .
"Yang seperti ini diberi toleransi dan akan melaksanakan ujian sendiri dari tanggal 9 - 13 April , itu kesempatan yang diberikan," jelasnya .

Lebih jauh Edy menyampaikan jika mulai hari ini  pelaksanaan USBN berlangsung mulai tanggal 1 - 8 April 2019 mendatang . Sebanyak 11 mata pelajaran yang diujikan bagi para siswa kelas 9 yang berlangsung di 33 sub rayon , yang terdiri dari 94 SMP Negeri, 18 SMP terbuka, dan 222 SMP swasta .

"Mulai hari ini di 33 sub rayon , naskah yang sudah siap didistribusikan," Berkas yang siap didistribusikan dari Diknas diserahkan ke sub rayon, dan pagi masing-masing sekolah penyelenggara mengambil di sub rayon dalam keadaan tersegel . Sedangkan untuk dokumen soal itu dibuka di depan para peserta ujian , jelas Edy .

"Sampai saat ini , data yang mengikuti ujian sekolah USBN ada 24.012 siswa dari 334 sekolah negeri , terbuka , dan swasta," ungkap Edy .

Selanjutnya , Edy berharap proses pelaksanaan USBN ini berjalan dengan tertib , lancar dan terkendali . Terkait dengan UNBK (Ujian nasional Berbasis Komputer) , saat ini di Jember sudah dipersiapkan . Ujian UNBK akan dilaksanakan tanggal 22 - 25 April serentak, baik secara mandiri , gabung dan menumpang di SMP yang memiliki fasilitas lengkap . "Untuk tahun ini kita secara serentak akan melaksanakan UNBK seluruh SMP negeri maupun swasta," jlentrehnya .

Pada kesempatan  terakhir Edy mengatakan bahwa saat ini persiapannya lancar dan klir , baik menyangkut persiapan dari PLN yang membantu untuk tidak melakukan pemadaman pada tanggal ujian . Pihak Telkomsel beserta stakeholder lainnya juga siap memberikan jaminan kelancaran untuk internet . "Kami siap menyelenggarakan UNBK 2019 , pungkasnya .Nu2g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman