Tiga Peternak Domba Jember , Mendapat Penghargaan Dari Kementan

Ket.foto : Bupati Faida menerima kunjungan tiga peternak domba jember

Peduli Rakyat News | Jember,- Pada Pagi hari , senin 8 April 2019 di pendapa Wahya Wibawa Graha , Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR menerima tiga peternak  domba yang akan menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian atas keberhasilan yang telah diraih oleh mereka .

Bupati Faida mengungkapkan kebangaannya terhadap penghargaan yang diraih tiga peternak itu karena berhasil menaikkan nilai harga jual domba .

,"Saya bangga , pada akhirnya sinergisitas dan kolaborasi itu membuahkan hasil," jelas Bupati Faida kepada sejumlah wartawan yang hadir usai bertemu tiga peternak itu di lantai bawah Pendapa Bupati .

Bupati Faida menjelaskan jika sebelum para peternak ini memperoleh keberhasilan , para peternak lebih banyak mencari pasar sendiri .
Namun , semenjak tahun 2017 silam , para peternak membuat kekuatan bersama untuk mencari pasar .

 "Kalau jumlahnya besar , kan bargainingnya lebih besar , keberhasilan tersebut merupakan wujud sinergisitas dari pemerintah pusat hingga kabupaten bersama kelompok peternak . Pada tahun 2018 , kita berhasil mengekspor 6.000 domba dengan harga yang memuaskan," ucap Bupati Faida .

Untuk keberhasilan itu sendiri telah juga diterapkan kepada peternak pemula . Mereka mendapatkan pendampingan pembiayaan dan pendampingan dari Dinas Peternakan .

“Mereka telah berhasil , setahun balik modal bahkan ada lebihnya ," ujar bupati perempuan berlatar belakang dokter ini . Meski demikian , masih banyak juga peternak yang sendiri-sendiri . Mereka ini akan digabungkan . "Supaya mereka tidak rugi dan mencari pasar sendiri dan bargaining harganya menjadi lemah ," ujar bupati .

Dalam hal ini , Bupati Faida berharap pada tahun 2019 ini , pasar ekspor menjadi lebih luas lagi dan stabilitas harga terjadi di dalam negeri . Demikian juga jumlah ekspor domba menjadi berlipat .

Agus Salim Huda sebagai Ketua Asosiasi Ekspor Domba Jember menjelaskan penghargaan yang akan diterimanya , penghargaan peternak milenial pendukung ekspor akan diberikan di Makassar pada tanggal 10 April 2019 oleh Kementerian Pertanian .

Tiga orang peternak berprestasi pemasok ekspor komoditas domba yang diterima oleh Bupati Faida yaitu Agus Sholehul Huda . Shafiya Rifqi dan Edi Susilo .

Agus Sholehul Huda mengatakan , proses mendapatkan penghargaan ini dimulai dari tahun 2017 . Proses verifikasi kemudian dilakukan pada tahun 2018  . Selanjutnya ekspor domba ke Malaysia ini sebagai salah satu yang mendapatkan harga yang baik atau peningkatan nilai jual," terangnya .

Di tahun 2018 kemarin , jumlah ekspor domba ke Malaysia sebanyak 6000 ekor . Sementara target tahun ini mencapai 10.000 ekor.
"Tetapi yang menjadi masalah di tahun 2019 ini yakni dari ketersediaan bibit . Karena itu , konsentrasi kedepannya ada peternak yang difokuskan ke pembibitan , pungkas Agus .
Nu2g

Posting Komentar

0 Komentar