MELIRIK ASRINYA KAMPUNG SAGU DESA WISATA KAB. KONAWE

Kebun Sayur kampung sagu desa labela

Peduli Rakyat News | Konawe- Sultra, Desa Labela kecamatan besulutu kabupaten konawe yang berjarak sekitar 35 kilo dari ibu kota provinsi sultra kendari menyimpang suatu kenangan tersendiri saat PRN meliput kegiatan pengolahan usaha olahan produksi bahan makanan tradisional khas warga lokal ( tolaki ) yakni sagu, kamis 7/3/19.

sagu dengan warga asli bumi anoa meman tidak bisa di pisahkan, karna merupakan salah satu bahan makanan pokok dengan berbagai varian olahan dan rasa, salah satunya adalah sinonggi.
Suasana kolam ikan dan pohon sagu

Sinonggi merupakan makanan berkuah dengan berbagai campuran sayuran dan ikan basah, kering dan olahan serta ayam. Kadir selaku Kades Labela ini menuturkan usaha ini terinspirasi dari banyaknya pohon sagu di wilayahnya sehingga membuat warga dan pemerintah desa sepakat dengan pendirian dan pengolahan kampung sagu.

dan sebagai bagian wujud dalam penunjang usaha di kampung sagu ini disekitar tempat pengolahan dibuat berbagai usaha diantaranya kolam ikan, kebun sayur dan perencanaan perkandangan ayam kampung di mana kedepannya desa kami bisa menjadi sentra desa wisata dengan khas makanan sinonggi, artinya wisatawan bisa lansung melihat, bagaimana proses pembuatan sagu serta bisa lansung pratek memasak dan makan makanan khas warga suku tolaki dengan adanya semua bahan yang di perlukan tentunya dari satu tempat yang sama, tutup pak kades yang sudah menjabat sejak desa di mekarkan.
AR

Posting Komentar

0 Komentar