Klinik Konsultasi Wujudkan Kades Tegak Lurus Kelola Dana Desa

Kesemangatan dan kekompakan Bu Faidah bersama stafnya


Peduli Rakyat News | Jember,- Di Aula PB Soedirman Kabupaten Jember , Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR , Senin 11 Maret 2019 menerima ratusan Kepala Desa (Kades) untuk menghadiri acara klinik kunsultasi dalam pengelolaan Dana Desa (DD) . Dalam acra tertutup tersebut , Bupati Faida menyatakan kepala desa memerlukan bantuan dan dukungan dalam mengelola DD .

Menurut Bupati Faida , acara ini sengaja dibuat agar supaya mereka bisa tenang dengan informasi dan keterampilan yang cukup untuk mengawal penggunaan dana desa ," ujarnya .
Bantuan dan dukungan untuk kepala desa adalah berupa klinik konsultasi ini diselenggarakan oleh Inspektorat Jawa Timur dan Kabupaten Jember .
Bupati Faida saat memberikan paparannya

Bupati Faida mengatakan bahwa klinik konsultasi ini berlangsung ini sangat diperlukan oleh pemerintah desa , karena dari pelaksanaan ini para kepala desa bisa tau dan mengerti secara matang tehnih pengelolaan DD . Apabila nantinya dalam klinik konsultasi ini ditemukan  penyalahgunaan dana desa maka segera ditindaklanjuti . Jika itu fitnah , maka segeralah diklarifikasi dan jika ada temuan ketidakbenaran pengelolaan supaya segera ditindak lanjuti ," ujarnya .

Samsul Huda SH MSi sebagai pejabat inspektorat Pembantu Propinsi Jawa Timur, menyampaikan bahwa jika ada pelanggaran dalam pengelolaan dana desa , maka akan ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan .
Peningkatan anggaran dana desa rata-rata  sekitar 300 juta per desa jika dibandingkan tahun sebelumnya .

Samsul Huda menambahkan jika pihaknya hanya punya kewenangan untuk melakukan monitoring evaluasi terhadap pengelolaan dana desa ."Di Permendagri kita tidak melakukan pemeriksaan , kita hanya melakukan monitoring . Kewenangan pemeriksaam dana desa itu ada di inspektorat kabupaten maupun di kecamatan , tegasnya .

Kerjasama antara inspektorat propinsi dan inspektorat kabupaten dan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) menggelar klinik konsultasi adalah produk wujub dari monitoring tersebut .

"Dengan adanya klinik konsultasi di Jember, nantinya tidak ada satupun perangkat desa yang terjerat permasalahan ," . Dana desa harus dikelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku Jika memang tidak tahu , mereka bisa berkonsultasi pada yang bersangkutan , seperti inspektorat kabupaten maupun propinsi .
"Harapan kami, dana desa bisa digunakan  sesuai dengan ketentuan, sesuai dengan harapan masyarakat setempat," tegas Samsul Huda dengan tersenyum .
Nu2g

Posting Komentar

0 Komentar