840 Anggota Tim Pemantauan Perkembangan Politik Pelaksanaan Pemilu 2019 Mendapat Pembekalan

Ket.foto : Bupati Faida saat memberikan pembekalan


Peduli Rakyat News | Jember,- Bertempat di Aula PB Soedirman Pemerintah Kabupaten Jember , Jum'at 29 Maret 2019 sebanyak 840 orang yang menjadi Tim Pemantau Perkembangan Politik pada Pelaksanaan Pemilu 2019 mendapatkan pembekalan langsung dari Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR .
Menurut Bupati Faida ,"Ini adalah sebagai salah satu ikhtiar agar terjadi demokrasi yang berjalan dengan baik , pemilih yang berdaulat supaya negara kuat," kata bupati usai pembekalan tersebut .
Ket.foto : Ratusan tim pemantau mendapatkan pembekalan oleh Bupati Faida

840 orang yang menjadi tim pemantau tersebut mendapat pembekalan di Aula PB Soedirman sejak pagi hingga selesai . Mereka perwakilan dari seluruh desa dan kelurahan serta kecamatan di Jember .

Bupati Faida menambahkan bahwa untuk setiap desa atau kelurahan dipilih sebanyak 3 orang . Sementara itu , untuk tim di tingkat kecamatan dipilih sebanyak dua orang . Sedangkan untuk tim pengawas ini terdiri dari mereka yang bersedia meluangkan waktu khusus , bisa baca tulis , serta bersedia untuk mengawal dan melaporkan sesuai prosedur , ujarnya .

Tugas dari tim di tingkat desa dan kelurahan melaporkan perkembangan politik dan hasil Pemilu 2019 ke tim tingkat kecamatan . Dari tingkat kecamatan dilanjutkan ke tim tingkat kabupaten yang dikoordinasi oleh Bakesbangpol . "Ini tim pemantau yang resmi dari Pemerintah Kabupaten Jember untuk memantau perkembangan pemilu ditahun 2019," ungkap Bupati Faida .

Mereka (anggota tim) dibentuk melalui surat keputusan bupati dengan mendasarkan petunjuk Menteri Dalam Negeri . Setiap kabupaten harus memantau , karena pemilu saat ini komplit . Dan para pemantau ini mendapat pembekalan teknis untuk menjalankan tugas . Mereka adalah kepanjangan tangan pemerintah , mengamankan jalannya pemilu , supaya pemerintah juga bisa memantau lebih detil , jlentreh Bupati Faida .

Pada sesi terakhir Bupati Faida menjelaskan salah satu sukses pemilu bukan hanya berjalan lancar , tapi partisipasi masyarakat berjalan maksimal , untuk jumlah TPS Pemilu 2019 meningkat dua kali lipat dari Pilgub kemarin . Saat ini jumlahnya mencapai 7.670 dengan jumlah pemilih 1,8 juta orang . Sangat tegas Bupati Faida menyampaikan , tugas pertama tim adalah mengajak masyarakat menjadi pemilih yang berdaulat , pungkasnya .

Pada kesempatan yang sama Drs. Bambang Hariono,  MM. Kepala Bakesbangpol menyampaikan bahwa tim pelapor yang telah dibentuk merupakan usulan dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Jember . Untuk pelapor kecamatan berjumlah 62 orang , pelapor desa dan kelurahan 778 orang.  "Tindak lanjut dari acara ini nanti akan dilanjutkan dengan bimtek berikutnya," jelasnya kepada ratusan peserta pembekalan yang hadir .
Nu2g

Posting Komentar

0 Komentar