Breaking

Jumat, 08 Maret 2019

3000 Sambungan PDAM Gratis Bagi Yang Berkebutuhan Khusus , Jember Bakal Masuk Rekor Muri

Bupati Faida saat menerima jajaran managemen PDAM

Peduli Rakyat News | Jember,- Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR , hari ini Jum'at 8 Maret 2019 menerima Jajaran Managemen PDAM Jember . Tahun ini Pemerintah Kabupaten Jember menargetkan 3000 sambungan baru PDAM bagi masyarakat berpenghasilan rendah . Dan target Itu sendiri diungkap Bupati Faida usai pertemuan dengan jajaran Manajemen PDAM Jember tersebut .

Bupati Faida mengatakan , kita punya target sasaran akses untuk air minum , air bersih yang harus dinikmati masyarakat yang membutuhkan , terangnya . Beberapa sasaran yang ada akan menjadi prioritas dalam program sambungan gratis PDAM tersebut . Beberapa sasaran itu diantaranya adalah keluarga miskin , keluarga difabel , keluarga dengan balita stunting , keluarga gizi buruk . Karena mereka sangatlah membutuhkan sambungan PDAM ini , terang Bupati Faida kepada sejumlah media yang hadir . Untuk sambungannya gratis dan untuk iuran tiap bulannya sudah sangat-sangat ringan , ujar Bupati sekaligus bu dokter  ini . Dikatakan berat itu kan karena untuk proses biaya sambungannya , tambahnya .
Bupati Faida saat berfoto bersama bersama jajaran managemen PDAM

Prioritas yang ada diatas juga untuk para guru ngaji , rumah takmir masjid , rumah lansia . Dan satu lagi , juga sebagai sebuah apresiasi bagi keluarga hafidz dan haidzoh yang belum ada sambungan PDAM-nya , kata Bupati Faida sambil tersenyum .

Bupati Faida melanjutkan bahwa , untuk mendapatkan manfaat program ini , masyarakat boleh membuat pengajuan ke pendopo . Nantinya akan diadakan verifikasi di lapangan oleh tim khusus yang menangani hal tersebut .
Dan untuk program ini sendiri , telah memetakan wilayah-wilayah yang menjadi sasaran .

Dalam kesempatan itu juga , Direktur Utama PDAM Jember Ady Setiawan menerangkan bahwa program sambungan gratis PDAM tersebut menyasar wilayah yang telah tersedia jaringan dan air baku PDAM . Tentunya ini sudah ada di sembilan kecamatan yang sudah ada pelayanan PDAMnya .

Kedepan pihaknya akan mengupayakan perluasan cakupan pelayanan , sehingga di 31 kecamatan terdapat pelayanan air bersih PDAM . Kreteria masyarakat yang berhak mendapatkan manfaat program tersebut diantaranya adalah keluarga miskin , rumah dengan satu lantai , dan listrik 450/900 . Untuk persyaratan lainnya terkait dengan beberapa kelompok masyarakat yang mendapatkan apresiasi dari pemerintah seperti takmir masjid , guru ngaji dan lain-lain seperti yang telah disebutkan oleh Bupati Faida tadi , ujar Ady Setiawan .

Paling utama adalah keluarga dengan balita stunting , hal itu kita utamakan karena yang tersebut masuk di dalam data base nasional untuk mengurangi tingkat stunting . Pemasangan saluran PDAM gratis di Kabupaten Jember ini , dipastikan akan masuk rekor Muri sebagai pemasangan gratis terbanyak di Indonesia . 3000 sambungan baru ini akan menggunakan penyertaan modal dari APBD sebesar Rp 10 miliar , ungkap Ady Setiawan .

Terakhir Ady Setiawan mengatakan bahwa harapan kedepannya masyarakat semakin bisa menggunakan air bersih dengan baik , terlayaninya air bersih dengan baik sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat .

Nu2g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman