Breaking

Senin, 18 Februari 2019

Wakil Bupati Kukuhkan SAKO Pramuka SPN Jember


PEDULI RAKYAT News | Jember,-  Minggu (17/02/2019) Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief mengukuhkan Mejelias Pembimbing dan Pimpinan Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Sekawan Persada Nusantara (SPN) Cabang Jember di Sekretariat LDII Jember .

 Dalam kesempatan tersebut , Wabup mengatakan bahwa Pramuka merupakan organisasi yang luar biasa karena mampu merasuk sampai ke pelosok kampung-kampung . "Tidak ada organisasi yang begitu merasuk sampai ke penjuru kampung , walupun banyak organisasi yang sampai ke penjuru desa , tetapi tidak sama dengan Pramuka , ujar Wabup . Keluarbiasaan itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya  . Sebagai lembaga yang menaungi SAKO Pramuka SPN , LDII Jember diharapkan memberikan arahan dan bantuan , sehingga Sako ini bisa maksimal dalam berkiprah .

Organisasi pramuka bukan organisasi politik , meski demikian anggota Pramuka harus memiliki kepekaan ekstra dalam berbangsa dan bernegara , yang saat ini muncul benih-benih perpecahan mengatasnamakan agama .

Wabup mengajak untuk membentengi generasi muda dengan hal yang positif .  " Melidungi generasi muda dari hal-hal yang kontradiktifv, karena merekalah calon pemimpin masa depan ," .
Ketua Pengurus Sako Pramuka SPN Kabupaten Jember Shodiq Mahmudb , menyampaikan , Sako Pramuka SPN adalah wadah generasi muda yang berbasis masjid dan pondok pesantren . SAKO ini diwujudkan dengan harapan agar generasi muda bisa mengimplementasikan cinta Alam Indonesia .

Menurut Wabup , Pramuka adalah salah satu wadah yang tepat untuk menampung generasi muda  . Dalam SAKO ini , generasi muda diharapkan bisa mewujudkan diri menjadi generasi muda yang alim , faqih dan mandiri .
"Di harapkan juga dengan sako ini , generasi kita bisa menerampilkan hidup rukun ,  kompak , bekerja keras dan sedikit bicara banyak bekerja," tegas Wabup .

Kepada wartawan yang hadir , Wabup selaku Ketua Kwarcab Jember menyampaikan bahwa pengukuhan Majelis Pembina dan Pimpinan Sako Pramuka SPN ini semakin memperkuat barisan Pramuka di Jember .
"Kami sangat berharap , kegiatan Pramuka ini benar-benar mengcover semua generasi muda ," katanya . SAKO yang dibidangi oleh LDII ini sarat dengan nuansa religi dan berbasis masjid . Masjid dapat menjadi tempat merajut kebersamaan , khususnya pada musim politikb.
"Jika partai dari mana saja bersujud bareng , rukuk bareng , saling bertegur sapab, insya Allah Jember akan tetap kondusifb ," ujar Wabup .

Wabup Muqit menyampaikan , Pramuka sebagai wadah generasi muda mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan produktif , pengembangan diri dan penanaman wawasan kebangsaaan .
"Ini adalah suatu wadah yang sangat tepat , menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan bagi generasi muda ," tuturnya.
Kegiatan yang dapat membantu perkembangan diri , salah satunya ialah mengkaji tentang Al Quran . "Sehingga nanti bukan hanya sekedar bisa menghafal Alquran , tetapi juga faham terhadap isi dan makna Al Quran ," jelasnya .

Berbasis masjid dan berlandaskan agama , Wabup berharap SAKO Pramuka SPN ini bisa memberikan pemahaman kepada anak didik Pramuka supaya memahmi Islam secara utuh ,
"Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah , bagaimana Rasulullah bisa menjadi sosok yang dicintai oleh kawan , disegani oleh lawan ," tegas Wabup .(Nu2g/Fsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman