Breaking

Senin, 18 Februari 2019

Salah Satu Faktor Penting Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan


PEDULI RAKYAT NEWS, Lumajang , Plt. Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang, Hanifah Diah Ekasiwi, SE., membuka kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah tentang Peraturan Presiden No. 16 tahun 2018 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang tahun 2019, bertempat di Aula Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang, Senin (18/2/2019) pagi.

Plt. Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang, Hanifah Diah Ekasiwi, SE., menyampaikan, bahwa Peraturan Presiden no.16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/ Jasa, mengatur, bahwa sumber daya manusia pengadaan barang/jasa harus memiliki potensi di bidang pengadaan barang/jasa. Untuk itu, Pejabat Pengadaan yang dijabat oleh Aparatur Sipil Negara ke depan wajib memiliki sertifikat kompetensi di bidang Pengadaan Barang/  Jasa.

"Pengadaan Barang/  Jasa Pemerintah, merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan di dalam mendukung penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan," tuturnya.

Lebih jauh, Plt. Asisten Admintrasi, menjelaskan, bahwa Bafan Kepegawaisn Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang melaksanakan Pelatihan Pengadaan Barang/ Jasa bertujuan untuk membekali peserta Diklat agar mampu melakukan proses pengadaan barang/jasa secara efektif, efisiensi dan pembekalan dalam mengikuti ujian sertifikasi. Biasanya, ujian dilaksanakan di penghujung pelaksanaan diklat tersebut.

"Hal ini sangat dibutuhkan orang dengan sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah, mengingat begitu pentingnya kegiatan pembekalan dan ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah ini," ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang, Abdullah Wasian, SH., melaporkan, bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan pejabat pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah Kabupaten Lumajang, yang memahami akan pentingnya pengadaan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, serta memahami tugas dan menyusun secara sistematika pengadaan barang/jasa pemerintah.

Pelatihan kali ini diikuti peserta berjumlah sekitar 160 orang, dibagi menjadi 2 angkatan. Angkatan pertama, tanggal 18 - 21 Februari 2019,  dan  angkatan kedua dijadwalkan pada tanggal 25 - 28 Februari 2019 yang akan datang.

Reporter : Suatmn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman