Breaking

Selasa, 19 Februari 2019

Dilapori Via WhatsApp , Bupati Langsung Sidak


PEDULI RAKYAT News | Jember,- Begitu dapat pesan singkat via WA dari warga , Bupati  dr. Hj. Faida , MMR melakukan sidak ke Sungai Jompo , Kelurahan Jember Kidul , Kecamatan  Kaliwates , Senin sore (18 Februari 2019 ) .  Sidak kali ini dilakukan Bupati setelah menerima laporan dari warga terkait dengan plengsengan sungai tersebut yang ambrol .

Tampak plengsengan yang di atasnya terdapat pertokoan yang berada di Jalan Sultan Agung tersebut ambrol . Arus di sungai itu juga terlihat cukup kuat meski debit air ukuran sedang .

Kepada sejumlah wartawan seusai sidak , bupati menjelaskan bahwa sebelumnya telah menerima laporan dari warganya .
Laporan itu kemudian ditindaklanjuti dengan menerjunkan tim dari Bina Marga , yang melakukan pengecekan lapangan .

Menindaklanjuti dari hasil survei lapangan tersebut , selanjutnya Bupati melakukan sidak untuk pengecekan hasil rapat koordinasi tim Bina Marga untuk selanjutnya dilakukan tindakan terbaik untuk penanganannya . "Hari ini langsung kami cek ke lapangan untuk melihat hasil rapat mereka dari survei dan langkahnya , terang bupati .

Dalam sidak tersebut , terlihat jelas pertokoan jompo berdiri di atas sungai dengan beberapa tiang penyangga , sedangkan panjang plengsengan di bawah pertokoan jompo yang mengalami kerusakan itu ekitar 30 meter dengan kedalaman sekitar 3 meter . Jelas Bupati , Plengsengan yang ambrol tersebut sebelumnya telah mengalami perbaikan dan terakhir perbaikan pada tahun 2012 .

Ambrolnya plengsengan tersebut tidak hanya terjadi saat ini saja , sebelumnya telah ambrol dan ditambah lagi terjadi ambrolan baru lagi sehingga cukup membahayakan bagi sederetan pemilik rumah toko tersebut . "Karena ini sifatnya emergency , kita buat langkah darurat ," ungkap bupati .

Langkah pertama yang diambil yakni memasang Bronjong untuk pengamanan . Langkah ini diikuti dengan menghambat sebagian aliran air . Upaya menghambat aliran air ini untuk mengetahui kedalaman plengsengan yang ambrol tersebut . Serta ada pondasi yang perlu dicek keadaannya . "Tiga hari bronjong harus terpasang , karena sekarang bronjong sudah siap dan mulai besok diisi , ungkapnya .

Bupati menambahkan , Penyelesaian pekerjaan tersebut diserahkan kepada PU Bina Marga bersama TNI . Pekerjaan ini akan menggunakan anggaran Bina Marga supaya masyarakat bisa tenang , tegasnya . Warga diharapkan ikut memantau dan melaporan keadaan perkembangannya sselanjutnya. Seorang pengusaha salon di pertokoan Jompo yang bernama  Teguh , memberikan apresiasi terhadap respon yang diberikan oleh bupati .
Ia menyebut respon bupati inibluar biasa ."Ini benar-benar bupati yang bagus sangat tanggap dengan situasi , kecintaannya kepada masyarakat Jember begitu tinggi . Begitu saya WhatsApp langsung ada respon , ujarnya .

Menurut Teguh semua instansi terkait yakni Bina Marga dan lainnya , juga sudah turun semua mengatasi masalah yang dilaporkannya . Instansi yang telah turun itu yakni Dinas Pengairan , Kelurahan dan Kecamatan ."Kita ucapkan banyak terimakasih kepada semua yang ikut mengatasi masalah ini , katanya .

Hal senada juga diungkapkan oleh Iin (25) karyawan toko Jompo Salon Supplier dan Kosmetik mengapresiasi langkah Bupati Faida yang langsung merespon laporan masyarakat dan seketika melakukan sidak lokasi plengsengan yang ambrol . “Saya berharap semoga plengsengan ambrol di bawah toko cepat tertangani supaya tidak khawatir lagi ketika saya bekerja ,” ucapnya. (Nu2g/Fsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman