Breaking

Kamis, 21 Februari 2019

Bupati Jember Apresiasi Pengadilan Negeri Jember Deklarasi Pembangunan Zona Intregitas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)


PEDULI RAKYAT News | Jember,- Bertempat  di gedung Cakra dalam pengadilan negeri Jember , hari ini kamis (21/02/2019) diadakan deklarasi atau pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Di dalam acara deklarasi tersebut juga dihadiri oleh bupati Jember , kapolres jember , kasdim mewakili Dandim , kepala  kejaksaan negeri Jember , ketua MUI , perwakilan pengacara dan pegawai perbankan .

Acara deklarasi dimulai dengan pembukaan dan doa yang dilakukan oleh salah seorang pegawai pengadilan negeri Jember , setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari kepala pengadilan negeri jember , bambang pramudwianto SH .

Dalam sambutannya , bambang mengatakan bahwa pentingnya melakukan acara deklarasi membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) ini adalah sejalan dengan Kemenpan rb Nomor 52 Tahun 2014 .

Bambang menegaskan bahwa , mau tidak mau , bisa tidak bisa kita harus berusaha berubah sikap baik dalam melayani masyarakat dan bebas dari korupsi . Deklarasi itu sendiri adalah suatu tekad , kamauan untuk kita agar bisa merubah perilaku kita dalam melayani masyarakat agar tidak menerima suap dalam perkara apapun .
Salah satu Zonanya itu, yaitu Siwas (sistem informasi pengawasan) oleh badan pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia , lanjut Bambang .

Jika menemukan suatu pengawasan , bahkan didalam pengdilan, maka pihak pengadilan akan menerima terbuka secara online .
Pada area pengawasan , telah diimplementasikan adanya Siwas MA RI , yaitu aplikasi secara online yang terhubung langsung dengan badan pengawas MA .
Hal ini dapat dipergunakan oleh para pencari keadilan untuk menyampaikan pengaduan atau pelayanan perilaku aparat pengadilan.
Kita terbuka untuk umum, secara online dan bisa kita langsung tangani itu, terangnya.
Begitupun juga dengan area penguatan kualitas pelayanan publik .

Bambang kembali menjelaskan bahwa , Pengadilan telah melakukan aktivikasi peluncuran serta sosialisasi e-Court pada bulan Desember 2018 , untuk menambah kemudahan para pencari keadilan .
Inovasi berbasis teknologi informasi ini diterapkan PN Jember untuk meningkatkan transparansi bagi para pencari keadilan dan dapat menafsir perkara secara mandiri melalui aplikasi e-SKUM ."Kita semangat, hampir di seluruh satuan kerja Mahkamah Agung di bawahnya mengadakan zona integritas . Sudah niat tekad kita untuk WBK dan WBBM , dan ini komitmen bersama dari seluruh aparatur pengadilan , ungkap Bambang .

Selanjutnya Bupati Jember dr.Hj faida MMR , memberikan apresiasinya kepada pengadilan negeri Jember mendlekarasikan pembangunan zona integritas ini karena sejatinya masyarakat pencari keadilan jember ingin pelayanan yang adil , jujur dan transparan . "Di dalam Al-Qur'an juga sudah disebutkan bahwa Hakim juga harus terbebas dari korupsi  dan baru-baru mendapatkan predikat terbaik ke 3 tingkat Nasional dan peringkat ke 2 tingkat propinsi , tegas Bupati . Urusan korupsi ini urusan yang bukan main-main . Urusan yang akan menentukan maju tidaknya bangsa ini  dan kita tidak boleh dilengah sama sekali , Bupati .
Bupati Faida , kembali Nebraskan , sangat mendukung deklarasi dari Pengadilan Negeri Jember untuk menjadikan zona integritas wilayah bebas korupsi . Orang pertama di Jember ini mengaku sangat semangat untuk keterbukaan pelayanan di Kabupaten Jember semakin semarak .

Sinergisitas dalam hal bebas korupsi ini adalah komitmen bersama Forkopimda dan seluruh instansi di Kabupaten Jember , ujar Bupati . Penutupan deklarasi ini , dilakukan dengan memukul gong oleh kepala pengadilan negeri jember .
(Nu2g/Fsl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman