Breaking

Senin, 14 Oktober 2019

Wabup Muqit Arief Serahkan Bantuan Rastada Pada Ribuan Para Lansia di Umbulsari


Peduli Rakyat News | Jember,-  Di Kabupaten Jember saat ini para lansia kembali mendapatkan perhatian pemerintah. Kali ini perhatian itu untuk para lansia yang belum terdukung oleh program pemerintah .

“ Rastrada ini diberikan kepada seluruh lansia di Kabupaten Jember yang tidak tersentuh program PKH dan BNPT dari pemerintah pusat , ” terang Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arief .

Perlu di ketahui bersama bahwa Rastrada merupakan program Pemerintah Kabupaten Jember untuk para lansia . Bantuan tersebut berupa beras ini diberikan kepada 7.852 lansia dari 165 desa di 31 kecamatan .

“ Bantuan ini diberikan kepada penerima sebanyak 1 kwintal selama 1 tahun atau 10 kg selama 10 bulan , "  jlentreh Wabup Muqit Arief .

Dalam prosesnya , pemberian bantuan untuk ribuan lansia tersebut dilaksanakan secara bertahap . Tahap pertama berlangsing di MTs Raden Rahmat Kecamatan Umbulsari , Senin , 14 Oktober 2019 .

Di kesempatan ini , Wabup Muqit Arief menyerahkan bantuan secara simbolis untuk lansia dari dua kecamatan , yaitu Kecamatan Umbulsari dan Gumukmas .

Sebanyak kurang lebih 351 keluarga penerima manfaat Rastrada Pemkab Jember di kedua kecamatan tersebut .

Wabup Muqit Arief kepada masyarakat berharap muncul peran aktif untuk mengawal program ini . Salah satunya untuk meminimalisir kesalahan pemberian ini .

Untuk itu , masyarakat bisa memberikan masukan berupa data dan informasi terkait lansia yang sudah menjadi penerima program maupun lansia yang masih belum menerima program dari pemerintah .

Dikesempatan ini , Wabup Muqit Arief secara khusus meminta ada pembaharuan data dari masyarakat agar bantuan dalam program tesebut tepat sasaran .

“ Diharapkan masukan dari masyarakat jika ada tetangganya yang perlu mendapat bantuan ini , bisa disampaikan ke kades , lurah , camat , ataupun Dinas Sosial , supaya tidak ada lansia yang berhak mendapatkan tapi tidak mendapatkan bantuan tersebut , ” ungkap Wabup Muqit Arief .

Pemerintah Kabupaten Jember disamping mengeluarkan Rastrada juga memberikan bantuan berupa paving jalan dan sarana MCK (Mandi,Cuci, dan Kakus) di 3 sekolah , RKB (Ruang Kelas Baru) 2 di dua sekolah. Semua bantuan untuk Kecamatan Umbulsari dan Gumukmas itu direncanakan realisasi pada tahun 2020 .

Wahyu Setyo H. S.KM, M.Si,. sebagai Plt. kepala Dinas Sosial menjelaskan , sasaran penerima bantuan Rastrada ini dari ibu-ibu lansia , ada juga dari pra-lansia yang memasuki kriteria fakir miskin dan juga penerima yang tidak menerima bantuan lain .

“ Penyaluran Rastrada dibagi di 12 wilayah, yakni pertama di wilayah Umbulsari , lalu di Jombang, Sumberbaru , Tanggul , Kalisat , Jelbuk , Silo, Ambulu, Jenggawah, Puger , Panti dan Kaliwates , ” jlentreh Wahyu Setyo .

Drs. H. Imam Maksum, M.Si sebagai  Ketua Yayasan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Raden Rahmat menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Wabup Muqit Arief .
“ Dan bantuan-bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Jember , " ucapnya .

“ Mudah-mudahan semua diberkahidan apa yang dilaksanakan dimudahkan oleh Allah SWT , " harap Imam Maksum .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman