Breaking

Selasa, 01 Oktober 2019

Wabup Muqit Arief Menjadi Inspektur Ucapara di Hari Kesaktian Pancasila


Peduli Rakyat News | Jember,- Dalam peringatan hari Kesaktian Pancasila kali ini , Wakil Bupati Jember Drs. kH. Abdul Muqit Arief menjadi inspektur upacara yang bertempat di alun-alun Jember , Selasa 01 Oktober 2019 .

Wabup Muqit Arief mengatakan , nilai-nilai Pancasila digali dari Bumi Pertiwi , menjadi perekat bagi heterogenitas kehidupan berbangsa dan bernegara . Kini , realitas sesuai nilai-nilai itu sangat penting daripada sekedar jargon NKRI harga mati .

“ Nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak serta merta turun dari langit , "  Wabup Muqit Arief .

Pancasila merupakan hasil yang digali oleh para pendahulu bangsa ini . Digali dari kehidupan berbangsa dan bernegara yang sudah lama ada di urat nadi kehidupan Bangsa Indonesia .

Nilai-nilai itu saat ini harus dipahami . Terlebih bangsa ini sangat berbeda dengan bangsa lainnya . Bangsa Indonesia memiliki heterogenitas dan pluralitas yang tinggi .

“ Kondisi seperti itu harus ada perekat. Perekat satu-satunya yang sudah disepakati oleh pendiri bangsa adalah Pancasila , ” imbuh Wabup Muqit Arief .

Generasi sekarang harus memahami mengapa harus Pancasila , mengapa harus Bhineka Tunggal Ika, dan mengapa pendahulu bangsa ini mengorbankan jiwa , raga dan hartanya untuk mendirikan negara ini . Generasi penerus harus mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari .

“ Itu jangan dilupakan . Kalau melupakan itu , kita bisa dikatakan berkhianat terhadap para pahlawan , ” ujar Wabup Muqit Arief usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila .

Dalam kesempatan itu , Wabup Muqit Arief mengungkapkan  nilai-nilai yang ada di Pancasila tidak satu pun yang bertentangan dengan nilai-nilai agama  dianut bangsa ini .

Karena itu , saat melaksanakan nilai-nilai Pancasila , itu berarti sekaligus melaksanakan nilai-nilai agama . Praktek berkehidupan seperti ini yang sangat penting .

“ Jadi tidak hanya jargon NKRI harga mati . Tetapi lebih penting adalah realitas perilaku kita sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila , ” tutup Wabup Muqit Arief .

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 mengangkat tema “ Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa menuju Indonesia Maju dan Bahagia . ”

Dalam upacara itu diikuti oleh ASN di lingkungan Pemkab Jember , jajaran TNI , Polri , serta komunitas masyarakat .
(Nu2g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman