Dinkes Lumajang adakan Workshop Manajemen Puskesmas

Foto : Narasumber tentang Manajemen Puskesmas

PedulirakyatNews Lumajang - Bertempat di Ruang Pertemuan Pisang Raja Dinas Kesehatan Lumajang diadakan peningkatan tenaga kesehatan tentang manajemen Puskesmas. Rabu ( 9/10/2019 )

Kepala bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang Indah Kusumawati,S.Si.,Apt menyampaikan Puskesmas mempuyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dan berfungsi menyelenggarakan UKM dan UKP tingkat pertama, sedangkan Puskesmas harus melaksanakan  manajemen Puskesmas secara efektif dan efisien.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014,Tentang program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga yang berbasis siklus kehidupan, Sustainable Development Goals ( SDG's ), dan dinamika permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat, maka pemahaman manajemen Puskesmas bagi para kepala Puskesmas dan jajarannya perlu semakin dikuatkan. Adanya pergantian beberapa kepala Puskesmas baru dan mutasi karyawan di Kabupaten Lumajang dipandang perlu untuk melakukan warkshop manajemen Puskesmas yang baik dan benar dapat mewujudkan tujuan akhir untuk pembangunan bidang kesehatan yaitu masyarakat yang sehat mandiri secara berkeadilan, " tuturnya.

Beliau juga sampaikan tujuan kegiatan workshop manajemen Puskesmas secara umum untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang manajemen Puskesmas itu sendiri dan secara khusus setelah peserta mengikuti kegiatan ini diharapkan bisa memahami kunci sukses penyelenggaraan system manajemen Puskesmas yang terintegrasi dengan PIS PK, memahami konsep leadership, memahami konsep personality development, mampu mencari jalan keluar dalam problem solving dan decision making dan yang terakhir yaitu mampu menerapkan prinsip personality development dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

Kegiatan workshop manajemen Puskesmas dilaksanakan hari selasa-rabu, pada tanggal 8-9 Oktober 2019.
Jumlah peserta berjumlah 50 orang, terdiri dari Kepala Puskesmas, Koordinator TU Puskesmas dan Pejabat struktural di Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.

Untuk Fasilitator yang dihadirkan antara lain drg.Dyah Poernomo Woelan,M,Kes.dari UPT.Latkesmas Murnajati dan Dr.Selfi Budi Helpiastuti,S.Sos.,M.Si. dari Prashanti Training and Consulting.

Menurut Indah Kusumawati materi yang akan disampaikan antara lain Kunci sukses penyelenggaraan system manajemen Puskesmas, Intergrasi PIS- PK dalam penyelenggaraan Puskesmas, Konsep leadership dan Konsep personality development, dengan bervariasi materi akan lebih meningkatkan SDM petugas kesehatan khususnya di Dinas Kesehatan Lumajang.

Dan tidak lupa dalam pelaksanaan kegiatan workshop manajemen Puskesmas ini metode yang sesuai dengan menggunakan Ceramah,Diskusi kelompok dan Role play agar peserta tidak terlalu kaku untuk memahami materi, tetapi tetap untuk mencapai tujuan agar Peserta yang hadir bisa memahami tentang manajemen Puskesmas dan kepemimpinan.( Eko Santoso )

Posting Komentar

0 Komentar