Dinas Sosial Lumajang bergerak cepat membantu Pengungsi dari Wamena

Foto : Kepulangan warga Lumajang dari Papua Wamena

PedulirakyatNews Lumajang - Semenjak tregedi di Wamena Papua Pengungsi asal Lumajang sudah banyak yang pulang. Jum,at ( 11/10/2019 )

Dinas Sosial Kabupaten Lumajang dalam membantu warga yang terkena musibah atas tregedi di Wamena Papua selalu berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, untuk itu assessment data warga Lumajang yang sudah dan akan pulang harus diperoleh yang sejelas sejalasnya, sehingga nantinya dapat membantu untuk proses selanjutnya.

Menurut Dra Dewi Susiyanti selaku kepala Dinas Sosial Lumajang sampai tgl 11 Oktober 2019, ada sekitar 80 orang yang sudah pulang ke lumajang, dan sudah terdata di Dinsos Lumajang.

Beliau sampaikan  bahwa kepulangan warga Lumajang ada yang secara bersama sama menggunakan pesawat Hercules, dan ada pula yang pulang menggunakan pesawat dengan dana pribadi termasuk ada juga yang akan pulang menggunakan kapal laut. Untuk itu terkadang data warga yang pulang dengan pesawat sendiri terkadang belum di data sama dinas sosial provinsi Jatim.

," Alhamdulillah banyak yang membantu dinas sosial Lumajang seperti TAGANA,TKSK,Pelopor Perdamaian dan tentunya komunitas sosial yang selalu aktif membantu dan memperjuangkan saudaranya walau jauh," tuturnya.

Dan mungkin data ini masih terus bertambah karena ada beberapa warga Lumajang yang pulang menggunakan dana sendiri dan belum didata atau melaporkan ke dinas sosial baik itu provinsi Jawa Timur maupun Kabupaten Lumajang, untuk itu berharap agar semua pihak bisa ikut serta membantu memberikan informasi bila di desanya ada yang pulang dari Wamena ke dinas sosial ataupun ke desanya .

Saat awak media berkunjung ke salah satu pengungsi  Muh Rozi yang sementara tinggal daerah Gentengsari Kel Tompokersan sudah pulang ke Lumajang dengan menggunakan pesawat dengan dana sendiri," Disana istri jualan dan saya sopir ,kalau harta habis gak papa wis, penting pulang ke Lumajang Seneng banget, dan berharap Bupati dan wakil bupati membantu dalam pembuatan surat surat pindah dan tentunya diberikan bantuan usaha," sambungnya.

Dan perlu di ketahui juga warga Lumajang asal kecamatan Klakah ada yang meninggal dunia, untuk itu berharap Dinas terkait untuk memberikan santunan Kematian dan bantuan untuk keluarga yang di tinggalkan, juga ada balita yang luka dan sudah diobati untuk dibantu dalam proses pemulangan ke Lumajang.( Eko Santoso )

Posting Komentar

0 Komentar